Sukses

Infiniti dan Mercedes Produksi Mobil Mungil Bersama di Meksiko

Pabrik yang berlokasi di Aguascalientes tersebut menghabiskan biaya investasi sebesar US$ 1,36 triliun.

Liputan6.com, Mexico City - Renault-Nissan Alliance sebagai pemegang merek dari Infiniti mengeluarkan pengumuman jika mereka baru saja menjalin kerja sama dengan Daimler AG sebagai pemegang merek Mercedes Benz. Kerja sama tersebut dijalin oleh kedua belah pihak untuk menciptakan sebuah model kendaraan yang berukuran kompak yang akan mereka produksi bersama di Meksiko.

Melansir laman Carscoops, Senin (30/6/2014), kedua pihak berencana untuk membuat generasi terbaru dari compact-premium terbaru dari Mercedes Benz dan Infiniti. Untuk produksinya sendiri akan dilakukan pada pabrik baru yang terletak di Aguascalientes.

Pabrik tersebut berlokasi tak jauh dari pabrik Nissan dan investasi untuk membangun pabrik baru di Aguascalientes mencapai US$ 1,36 triliun. Biaya investasi ini akan dibagi rata 50:50 antara Renault-Nissan Alliance dan Daimler AG.

Pabrik baru yang didirikan di Aguascalientes akan memiliki kapasitas produksi mencapai 300 ribu unit per tahun. Untuk memenuhi target tersebut, kedua korporasi menargetkan akan menyerap karyawan mencapai 5.700 orang hingga tahun 2021 mendatang.

Petinggi Nissan mengatakan jika kerja sama antara Infiniti dengan Mercedes Benz akan melalui beberapa tahap yang diawali dengan proses desain hingga penelitian lanjutan.

Meskpun berada dalam satu pabrik yang sama, pihak Nissan mengkonfirmasi jika kendaraan yang akan mereka produksi akan berbeda dari segi desain dan spesifikasi dengan pihak Mercedes Benz.

Produksi pertama pabrik Aguascalientes akan dimulai pada 2017 dengan menggarap kendaraan dari brand Infiniti yang disusul oleh merek Mercedes Benz pada tahun 2018. (Ysp/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.