Sukses

Recall Honda CR-V, Accord dan Civic Diperluas

Langkah ini diambil setelah Honda menerima laporan adanya pengemudi yang terluka karena airbag ketika kecelakaan.

Liputan6.com, Tokyo - Honda Motor memperluas penarikan (recall) mobil yang beredar. Kali ini perusahaan mengeluarkan kebijakan untuk menarik sejumlah model di California, Amerika Serikat, terkait permasalahan pada airbag yang diproduksi oleh pabrikan Takata.

Langkah penarikan tersebut diambil setelah Honda menerima laporan adanya pengemudi yang terluka karena airbag ketika kecelakaan. Demikian dilansir dari Reuters, Senin (7/7/2014). Keluhan yang masuk pada 25 Juni itu menjelaskan sebuah kecelakaan yang melibatkan Accord lansiran 2005 di California pada Mei.

Menurut laporan yang diajukan kepada National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), airbag meledak dan memuntahkan logam panas dan material plastik setelah tabrakan dalam kecepatan rendah. Akibatnya, pengemudi mengalami luka bakar serius, memar dan lecet pada bagian lengan.

"Kasus ini tidak cocok dengan laporan NHTSA. Honda menarik mobil yang beredar di California untuk menyelidiki penyebab masalah dengan cepat," terang juru bicara Honda.

Sayangnya, Honda tidak menjabarkan berapa banyak kendaraan yang akan ditarik dari California. Dalam penarikan regional, Honda memutuskan untuk mengganti komponen airbag pada Accord 2001-2007, Civi 2001-2005 dan CR-V 2002-2006. (Gst/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.