Sukses

VW Rayakan Hari Lahir Kombi ke-60

Ide dari VW Transporter ini hadir dari seorang perwira Inggris yang menginginkan sebuah kendaraan yang dapat digunakan untuk tempat tidur.

Liputan6.com, Wolfsburg - Tahun ini menandai sebuah tonggak penting dalam sejarah Volkswagen Commercial Vehicles. Sebab, tepat pada enam puluh tahun lalu Volkswagen meluncurkan generasi pertama dari Transporter atau yang juga dikenal sebagai VW Kombi.

Melansir laman Autoevolution, Senin (7/7/2014), lahirnya Transporter yang dimulai di Inggris dengan setir kanan ini merupakan tonggak revolusi dalam industri kendaraan komersial. Model ini adalah model kedua yang diproduksi oleh VW setelah sukses memproduksi Beetle dengan nama awalnya yaitu Type 2.

Ide dari VW Type 2 ini hadir dari seorang perwira Inggris yaitu Mayor Ivan Hirst, yang menginginkan sebuah kendaraan berukuran besar yang dapat digunakan untuk tempat tidur dengan mengambil platform dari Beetle. Pada insiyur VW pun memutar otak dan lantas memproduksi sebuah van pada tahun 1950 yang merupakan cikal bakal dari VW Transporter.
 
Pihak VW dalam menggarap mobil komersial yang ikonik ini juga termasuk cepat pada saat itu. Dalam jangka waktu hanya 13 bulan dari desain awal hingga masuk lini produksi pada 1954.
 
VW Transporter memulai debutnya pada 1954 di Earls Court Commercial Motor Show dalam versi produksi.Tak hanya menjadi pelopor dari mobil van ringan yang multifungsi, VW Transporter juga menjadi pelopor bagi para produsen lainnya untuk menghadirkan kendaraan angkut berbentuk mikrobus dan pikap dengan konsep dan desain moderen.
 
Transporter juga telah menjadi tulang punggung bisnis kendaraan komersial Volkswagen selama enam dekade terakhir. Sejak diperkenalkan pada enam puluh tahun silam hingga terakhir diproduksi pada 2013 yang lalu di Brasil, Transporter tercatat telah terjual sebanyak 11,5 juta unit ke seluruh dunia.
 
Awalnya, hanya sejumlah 786 unit yang dijual pada tahun-tahun pertama di Inggris. Hingga pada 2013, penjualan Transporter Inggris mencapai 18.350 yang menunjukkan daya tarik kendaraan terus tumbuh dan diminati banyak orang. 
 
Dalam perkembangannya, Transporter hadir dalam dua versi yaitu T1 atau yang dikenal sebagai Kombi dan T2 yang hadir sebagai Transporter pada saat ini. Sayangnya, VW telah menghentikan model produksi dari Tranporter versi awal atau T1 karena dinilai tak memiliki fitur keamanan moderen yang menjadi standar wajib mobil yang ada pada saat ini. (Ysp/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini