Sukses

Berusia 120 Tahun, Ini Mobil Balap Pertama Mercedes

Mobil yang mengikuti ajang balap ini mengusung mesin uap dengan output tenaga hanya 3,5 PS dan menempuh jarak sejauh 126 kilometer.

Liputan6.com, Stuttgart - Mercedes Benz adalah salah satu perintis industri otomotif dunia, termasuk di dunia balap. Sejak tahun 1894 di ajang Rouen Race, keikutsertaannya di kancah balap dunia kini telah menginjak usia 120 tahun.

Melansir laman Worldcarfans, Selasa (15/7/2014), Mercedes Benz awalnya mengikuti ajang balap tersebut lewat dua mobil mereka. Kedua mobil tersebut masing-masing diproduksi oleh Daimler dan Benz.

Sayangnya, ajang balap Rouen Race ini tak berujung manis bagi Benz, karena hanya menduduki posisi kelima. Sementara itu, mobil dari Daimler mampu meraih juara dan berhak atas hadiah 5 ribu franc.

Namanya kendaraan jadul, kedua mobil yang mengikuti ajang balap ini hanya mengusung mesin uap dengan output tenaga hanya 3,5 PS.

Walau begitu, balapan yang digagas oleh Gottlieb Daimler ini cukup sukses dalam menarik ribuan penonton yang turut antusias ingin menyaksikan salah satu balapan pertama di dunia tersebut.

Uniknya, balapan ini tak hanya dimeriahkan oleh mobil bertenaga uap saja. Menurut informasi dari Le Petit Journal yang turut meliput jalannya balapan, pengendara sepeda pun antusias turut serta saat konvoi kemenangan.

Dibanding balap mobil modern saat ini, balapan pertama tersebut mungkin terlihat konyol. Balapan tersebut hanya mempertontonkan kompetisi kendaraan uap sederhana yang berlomba melintasi jarak sejauh 126 kilometer. Balapan juga  di atas kondisi jalan buruk.

Uniknya, tiga kendaraan uap dengan teknologi tercanggih saat itu malah gagal menyelesaikan balap. Selang 120 tahun kemudian, mobil balap pertama Mercedes tersebut kini tersimpan di museum mereka yang terletak di kota Stuttgart.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini