Sukses

Dituduh Monopoli, Mercedes Banting Harga di China

Pabrikan berlogo three pointed stars ini juga telah memutuskan untuk memberi potongan harga pada jasa servis di bengkel resmi mereka.

Liputan6.com, Beijing - Tingginya angka pemalsuan dan aturan pemerintah China mendorong Mercedes Benz membuat gebrakan baru. Untuk mendongkrak minat konsumen mereka di negeri tirai bambu tersebut, harga spare part kendaraan diturunkan hingga sebesar 15 persen.

Melansir laman Reuters, Jumat (8/8/2014), Mercedes Benz akan menurunkan harga 10 ribu komponen spare part mereka mulai September mendatang. Uniknya, niat ini merupakan buah dari cibiran badan pengawas pelaku usaha asing di China. Otoritas Tiongkok tersebut menganggap jika pabrikan Jerman tersebut ingin memonopoli pasar lewat harga tinggi.

"Pemotongan harga suku cadang yang kami lakukan bertujuan untuk menurunkan biaya perawatan konsumen. Tentunya, hal ini turut meningkatkan daya saing purna jual kami," papar Marc-Oliver Nandy, Executive Vice President Aftersales Mercedes Benz dalam klarifikasinya di China.

Tak hanya memberi potongan harga pada suku cadang, pabrikan berlogo three pointed stars ini juga turut memberikan potongan harga untuk jasa servis di bengkel resmi mereka di negara tersebut.

Upaya positif yang dilakukan oleh Mercedes Benz ini pun serupa dengan langkah beberapa pabrikan Eropa lain. Audi dan Jaguar-Land Rover dikatakan segera mengikuti jejak Mercedes lewat potongan harga seputar suku cadang dan biaya servis di China karena tekanan pemerintah tirai bambu.

Sementara itu, Jaguar-Land Rover melakukan strategi lain dengan memberikan diskon pada tiga model kendaraan yang mereka jual di China.

Langkah ketiga pabrikan Eropa lain yang turut memberikan potongan harga pun disambut positif oleh pemerintah China. Mereka menganggap, potongan harga merupakan bagian dari penegakan undang-undang anti monopoli yang diberlakukan pada bulan Juli 2008 lalu. Isinya, pelaku usaha diminta untuk memberi harga dan layanan terbaik kepada para pelanggan di negara tersebut. (Ysp/Des)

---

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes simulasi CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini