Sukses

Punya RX King Lawas? Berikut Tips Perawatannya (Bagian I)

Pada masa jayanya, 'Sang raja' dikenal sebagai roda dua dengan perawatan yang relatif mudah dan suku cadang melimpah.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak hadir di Indonesia pada awal 1980-an, Yamaha RX King menjadi salah satu tunggangan idola para biker. Bahkan, pada era mesin dua tak berjaya, sepeda motor ini sempat menjadi primadona kaum adam tanah air.

Tak hanya bentuknya yang khas lelaki, para konsumen pun menyukai sepeda motor ini karena akselerasi yang spontan dan kencang. Selain buas, 'sang raja' juga dikatakan memiliki perawatan yang relatif mudah, sederhana dengan suku cadang yang cukup melimpah.

Kini, setelah tak lagi diproduksi, pengguna RX King 'lawas' wajib ekstra perhatian pada tunggangan kesayangan mereka. Seiring usia dan masa pakai, tentu performa 'sang raja' akan menurun. Namun, agar 'sang raja' tetap dapat diandalkan, kiat-kiat berikut yang dihimpun oleh tim liputan6.com dapat dilakukan:

1. Mesin

RX King merupakan motor bermesin dua tak yang menggunakan dua macam pelumas, yakni oli mesin dan oli samping. Walau pada mesin 2 tak, oli mesin dipercaya tak memerlukan perhatian ekstra, ada baiknya turut dilakukan pengecekan secara rutin. Caranya serupa dengan motor lain, dapat dilihat melalui deepstick yang terdapat pada penutup lubang oli.

Jika kondisi oli mesin berada di bawah garis max, maka sebaiknya segera Anda tambahkan. Oli yang direkomendasikan oleh pabrikan untuk 'sang raja' memiliki kekentalan (viskositas) SAE 20W-40.

Begitu pula dengan oli samping, mengingat sifatnya yang dikonsumsi habis oleh motor, usahakanlah zat pelumas ini tetap dalam kondisi cukup. Jika kondisi oli samping sudah berkurang atau mencapai level setengah, maka segeralah tambahkan hingga penuh.

2. Setelan Bahan Bakar

Sebagai komponen pengabut bahan bakar, karburator wajib disetel sesuai. Setelan yang baik dapat dilihat dari warna ujung busi yang berada di ruang bakar.

Setelan karburator yang sesuai adalah berwarna merah bata. Apabila warna busi berwarna kehitaman, berarti setelan karburator cukup basah dan jika busi berwarna agak keputihan berarti setelan karburator cukup kering.

Mudah saja untuk mengatur setelan karburator. Anda tinggal memutar sekrup udara 1 1/4 sampai 1 1/2 searah jarum jam setelah diputar habis. Untuk setelan langsam disetel pada angka 1.400 rpm dengan memutar sekrup setelan gas.

3. Saringan udara

Umumnya, saringan udara pada sepeda motor saat ini menggunakan bahan dari kertas karton dan bukan dari bahan busa. Sayangnya, saringan kertas ini memiliki kelemahan karena harus segera diganti dengan yang baru apabila sudah kotor.

Untungnya, RX King masih menggunakan filter udara berbahan busa, sehingga mudah dibersihkan. Untuk mengetahui kondisi filter udara RX King, Anda cukup melihat apakah warna kuning khas busa sudah berubah menjadi hitam.

Bila sudah menghitam, Anda dapat mencuci saringan tersebut dengan air sabun hingga warna hitamnya memudar. Setelah dicuci, Anda dapat mengeringkan dengan cara memijit busa agar bentuknya tidak rusak dan sisa air di dalam busa perlahan kering.

Untuk mengeringkannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menjemurnya di tempat yang teduh hingga benar-benar kering. Apabila kondisi sedang hujan, Anda dapat mempercepat proses pengeringan dengan bantuan hair dryer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini