Sukses

Di Pebble, Mercedes Bawa Supercar Lawas Satu-satunya di Dunia

Awalnya, sebelum Perang Dunia ke-II, 540 K Streamliner diciptakan Mercedes pada tahun 1938 untuk balap lintas negara.

Liputan6.com, California - Gelaran Pebble Beach Concours d’Elegance turut dianggap serius oleh Mercedes Benz. Di pantai pesisir California tersebut, Mercedes siap memboyong kendaraan klasik mereka yang hanya dibuat satu unit di dunia. Tak lain, kendaraan tersebut adalah 540 K Streamliner.

Mercedes 540 K Streamliner mengusung mesin V8 berkapasitas 5,4 liter supercharged. Masuk golongan supercar, roda empat ini mampu menghasilkan daya sebesar 177 horse power (HP). Untuk menciptakan 540 K, Mercedes Benz menggunakan bahan alumunium dan desain penghalang angin yang sangat rendah.

Melansir laman Carscoops, Rabu (13/8/2014), 540 K Streamliner lawas ini diciptakan pada tahun 1938 dan hanya satu unit. Awalnya, mobil ini diciptakan untuk berpartisipasi pada balap jarak jauh, Berlin menuju Roma.

Apa daya, sebelum sempat digunakan untuk balapan, ternyata Jerman sudah keburu jadi dalang pecahnya Perang Dunia ke-II. Alhasil balapan lintas negara di benua biru itupun dibatalkan. Buntutnya, 540 K pun tak pernah digunakan.

Tercatat, pihak Mercedes Benz pernah meminjamkan sportcar klasik ini ke pabrikan ban Dunlop. Oleh Dunlop, 540 K didaulat sebagai mobil penguji ketahanan ban, baik untuk ban produksi harian maupun balap. Setelah beberapa waktu, mobil ini direstorasi ke kondisi aslinya sesuai saat pertama kali diciptakan.

Selain 540 K Streamliner, pabrikan berlogo tiga bintang itu turut memboyong tiga unit mobil klasik lain ke Pebble Beach. Tak kalah bersejarah, ketiganya sukses karena menyabet posisi satu, dua, dan tiga di ajang Grand Prix Perancis pada tahun 1914 lampau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini