Sukses

Ini Supercar Karya Para Pelapak Komputer

Supercar bertenaga listrik ini dibangun dengan meminjam sasis Shelby CSX9000.

Liputan6.com, California - Selama ini, Silicon Valley dikenal sebagai pusat pengembangan IT Amerika Serikat (AS) yang berbasis dunia. Kini, tak hanya mengembangkan gadget masa depan, nyatanya markas Microsoft tersebut turut merambah ke riset kendaraan penumpang canggih.

Tak tanggung-tanggung, kendaraan pertama hasil ciptaan para insinyur di Silicon Valley ini adalah sebuah supercar bertenaga listrik yang diberi nama Renovo Coupe. Supercar dua penumpang ini dibangun dengan meminjam sasis Shelby CSX9000, demikian dikutip dari Automotivenews, Senin (18/8/2014).

Supercar berdesain klasik ini dibekali baterai dengan kekuatan 740 volt, dan sanggup menyemburkan tenaga sebesar 500 horse power (HP) dengan torsi 1.000 pound feet. Motor listrik milik Renovo mampu membuat mobil ini berakselerasi dari kecepatan 0 sampai 100 km/jam dalam waktu hanya 3,4 detik dan memiliki kecepatan maksimal yang dibatasi hanya 120 mph.

Mobil yang dikembangkan oleh perusahaan Renovo Inc ini diperkenalkan pada publik di ajang teknologi, Pebble Beach Concours d’Elegance lalu di pesisir pantai California.

Pendiri Renovo, Christopher Heiser dan Jason Stinson sebelumnya bekerja di perusahaan keamanan komputer dan pembuat chip Intel Verisign. Meskipun menjadi pemain baru, mereka berharap dapat menjadi penantang pabrikan supercar kenamaan dunia seperti Ferrari dan Lamborghini.

Pihak Renovo mengonfirmasi jika mereka akan memproduksi supercar klasiknya tersebut dengan jumlah kurang dari 100 unit dan mulai dipasarkan pada tahun depan. Supercar bertenaga listrik ini kabarnya akan dibanderol dengan harga mencapai US$ 529 ribu atau sekitar Rp 6,2 miliar (kurs Rp 11.720 per US$). (Ysp/Des)

---

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes simulasi CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini