Sukses

Demi Tampilan, Mazda 2 Korbankan Luas Kabin

Dikatakan Mazda, dimensi bagasi yang menyempit akan dikompensasikan dengan kenyamanan berkendara yang jauh lebih baik.

Liputan6.com, Canberra - Mazda sebelumnya telah mengonfirmasi jika tahun depan (2015) mereka akan merilis generasi terbaru dari Mazda 2. Kini, kabar terbarunya, untuk generasi anyar Demio ini, Mazda akan mengorbankan ruang interior demi membuat tampilan Mazda 2 semakin modis.

Meskipun secara keseluruhan dimensi kendaraan akan mengalami peningkatan, namun sayangnya ruang bagasi milik Mazda 2 akan semakin menyusut. Bahkan, jika dibandingkan dengan kompetitornya, ruang dimensi milik hatchback berjuluk Demio ini akan memiliki dimensi yang paling kecil.

Bila sebelumnya Mazda2 memiliki kapasitas bagasi mencapai 250 liter, untuk generasi teranyar hanya memiliki kapasitas 220 liter, atau paling kecil jika dibandingkan dengan kompetitornya, yaitu Honda Jazz (350 L), Renault Clio (300L), Kia Rio (288 L), Ford Fiesta (281 L) serta VW Polo dengan dimensi 280 L.

Menurut Wakil Manajer Program Pengembangan Mazda 2, Kengo Fukushima menjelaskan jika desain hatchback ini mengusung gaya Kodo yang menggabungkan dimensi kompak dengan garis-garis sporty. Oleh karena itu, pabrikan dikatakan terpaksa mengorbankan ruang kabin. Demikian dilansir dari Caradvice pada Jumat (22/8/2014).

"Dari gaya desainnya mungkin akan menjelaskan bahwa terpaksa dilakukan pengurangan ukuran kabin," ujar Fukushima.

Dimensi yang lebih kompak dimaksudkan untuk memberi ruang mengemudi yang jauh lebih baik. Itulah sebabnya mengapa ruang kabin belakang seperti tidak ada perubahan yang berarti.

Tak hanya memberi ruang kemudi yang terbaik, desain Kodo yang diusung Mazda2 anyar bertujuan untuk memberikan perlindungan lebih baik kepada pengemudi andai terjadi tabrakan dan dorongan dari ruang mesin.

Untuk menekan biaya produksi, Mazda pun tetap mempertahankan rem belakang yang menggunakan tromol. Padahal, banyak konsumen menginginkan jika model terbaru Mazda 2 nanti telah mengaplikasikan piranti rem cakram di keempat bagian rodanya. (Ysp/Des)

---

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes simulasi CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini