Sukses

Mengintip Kendaraan Para Pengawal Jokowi-JK (Bagian 1)

Untuk roda dua, Paspampres menggandalkannya guna membuka jalur iring-iringan presiden dan reaksi cepat di tengah keramaian lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tak sekedar protokoler kenegaraan. Pasukan elit pilihan ini punya fungsi vital untuk melindungi pengambil arah kebijakan RI tersebut. Oleh sebab itu, untuk menunjang kinerjanya, Paspampres pun dibekali aneka kendaraan dengan performa terbaik.

Dengan tugas utama untuk melindungi kategori Very-Very Important Person (VVIP), mulai dari Presiden dan Wakil Presiden RI beserta keluarga, tamu negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan yang berkunjung ke Indonesia, Paspampres punya aneka kendaraan andalan.

Sesuai fungsinya, kendaraan-kendaraan tersebut terdiri dari roda dua dan empat tersebut. Untuk bagian pertama ini, berikut Liputan6.com rangkum beberapa kendaraan roda dua yang menjadi andalan kesatuan TNI, Paspampres Republik Indonesia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Yamaha FJR1300

1. Yamaha FJR1300

Motor besar yang diproduksi oleh pabrikan berlogo garputala ini merupakan sepeda motor berjenis sport touring. Yamaha FJR1300 ini mengusung mesin empat silinder segaris berkapasitas 1.298 cc dan memiliki output tenaga sebesar 141,5 horse power (HP).

Sepeda motor ini diperkenalkan pertama kali di Eropa pada tahun 2001 dan belum menggunakan perangkat rem ABS. Pada tahun 2005, Yamaha menambahkan fitur ABS untuk generasi ke-2 FJR1300 ini.

FJR1300 mengusung transmisi manual lima percepatan dan dibekali pemindah gigi yang dijalankan secara elektrik dengan julukan YCC-S. Sistem YCC-S akan mengakomodir pengendara untuk mengganti gigi cukup menggunakan tombol pada setang bagian kiri. Tak hanya itu, pemindah gigi yang juga ada di kaki akan memudahkan Paspampres untuk memainkan akselerasi andai situasi berubah.

3 dari 4 halaman

2. Yamaha FZ1000

2. Yamaha FZ1000

Berbeda dengan sepeda motor dinas yang digunakan pada umumnya, Paspampres juga memiliki sepeda motor berdesain naked bike untuk tugas pengawalan. Sepeda motor bergaya streetfighter ini memiliki mesin 998 cc DOHC fuel injection 4-tak liquid cooled yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 HP.

Oleh Yamaha, FZ1000 ini diklaim memiliki kemampuan lincah, kencang, namun dengan perawatan yang mudah. Desainnya yang ramping dan handling yang mudah merupakan keunggulan utama sepeda motor ini.

Selain itu, kondisi lalu lintas di kota-kota besar Indonesia yang relatif ramai membutuhkan sepeda motor dengan performa mesin buas dengan kontrol yang mudah. Atas alasan ini, Paspampres memilih naked bike satu ini sebagai salah satu kendaraan dinasnya.

4 dari 4 halaman

3. Honda GL1800 Goldwing

3. Honda GL1800 Goldwing

Sepeda motor berjenis touring ini diperkenalkan pertama kali di ajang Cologne Motor Show pada Oktober 1974. GL1800 Goldwing mengusung mesin enam silinder segaris berkapasitas 1.832 cc dengan sistem injeksi PGM-FI yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 118 HP.

Uniknya, motor gede ini mengusung transmisi lima percepatan manual dengan tambahan sistem mundur secara elektrik. Pada tahun 2006, Honda menambahkan beberapa fitur canggih pada GL1800, antara lain airbag dan GPS serta penghangat kursi dan setang. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini