Sukses

Dengan CBR150R, Ini Strategi AHM Kejar Pasar Motor Sport

Saat ini, AHM menduduki posisi kedua pasar motor sport dengan market share sebanyak 37,4 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai produk flagship, AHM berharap penjualan All-New Honda CBR150R lokal dapat mendongkrak market share mereka di segmen tersebut. Tak tanggung, AHM menargetkan penjualan motor tersebut hingga 4.200 unit perbulan atau 50 ribu unit setahun.

Optimisme ini bukan tanpa alasan. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, penjualan motor sport Honda ada di atas pertumbuhan nasional, yaitu sebesar 10,7% dari 252.250 unit pada Januari-Agustus 2013 menjadi 279.223 unit pada Januari-Agustus 2014.

Sementara itu, berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan motor sport nasional tercatat tumbuh 7,2% dari 696.824 unit pada Januari-Agustus 2013 menjadi 746.757 unit pada Januari-Agustus 2014.

Secara keseluruhan, di segmen motor sport, AHM menduduki posisi kedua dengan market share sebanyak 37,4 persen.

"Saat ini, AHM hanya memiliki dua model di segmen sport dimana salah satunya adalah CBR150R. Edisi sebelumnya, motor ini masih diproduksi secara Completely Built-Up (CBU) di Thailand," ujar Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman.

Salah satu strategi AHM untuk mendongkrak penjualan di segmen ini adalah dengan memperkenalkan model-model terbaru dengan harga lebih terjangkau, contohnya All New CBR150R yang diproduksi di pabrik AHM Pegangsaan, Jakarta Utara.

Lebih lanjut, Johannes menjelaskan jika All New CBR150R dapat menjawab kebutuhan para pecinta motor sport di Indonesia yang banyak menggemari sepeda motor sport full fairing.

"Tren desain sepeda motor di kelas 150 cc di Indonesia cenderung lebih banyak menggemari sepeda motor sport full fairing bahkan kalangan pemakai model sport naked pun mengubah tampilannya menjadi motor sport berkarakter balap dengan menambahkan full fairing," papar Johannes.

Setelah 2 tahun dipasarkan di Indonesia sebagai model CBU, AHM pun kini memasarkan All New CBR150R sebagai model lokal untuk meningkatkan daya saingnya di segmen high-sport.

Selain itu, lanjut Johannes, All New CBR150R ini diharapkan dapat memenuhi harapan para pelanggan khususnya usia muda berusia antara 18 hingga 30 tahun penggemar balap yang menginginkan penyegaran terhadap tampilan sepeda motor namun dengan posisi harga yang lebih kompetitif.

"Kami ingin mengembangkan desain All New CBR150R menjadi lebih 'racy-sporty' dengan mengacu pada karakter desain Honda CBR1000RR dan tetap mempertahankan teknologi mesin DOHC 6 percepatan sebagai keunggulan All New CBR150R yang menghasilkan performa 'high power/high speed'," papar Johannes.

All New Honda CBR150R kini tampil dengan konsep desain full fairing terbaru yang terlihat semakin agresif dengan nuansa DNA sepeda motor balap yang semakin kental. Dikatakan AHM, sebagai flagship model global, Honda CBR series merupakan ikon motor balap yang mampu memberikan sensasi balap tertinggi bagi para pecinta motor balap.

"Dengan desain berkarakter aggressive racing, performa mesin yang lebih baik, dan harga yang lebih kompetitif, All New CBR150R dapat semakin efektif untuk berkompetisi dengan pesaing di kelasnya," pungkasnya. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini