Sukses

Sekali Isi, FCV di IIMS 2014 Ini Sanggup Jalan 700 Km

Tampil di IIMS 2014, Toyota FCV tak dilepas di Indonesia karena tak adanya infrastruktur pendukung.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil berbahan bakar hidrogen, Toyota FCV, bakal menjadi satu dari tiga unit mobil konsep yang dipamerkan di IIMS 2014. Namun sayangnya, PT Toyota-Astra Motor (TAM) belum berencana menjual mobil tersebut ke dalam negeri. Apa gerangan?

Seperti dapat diduga sebelumnya, tak adanya infrastruktur menjadi alasan utama belum dilepasnya FCV ke pasar otomotif dalam negeri. Hal ini dijelaskan Wakil Presiden Direktur PT TAM, Suparno Djasmin.

"Di negara lain, Jepang dan Amerika Serikat infrastrukturnya sudah memenuhi," ujar Suparno di Jakarta, pekan lalu. 

Jika sesuai rencana, maka mobil ramah lingkungan itu akan masuk ke Jepang dan California, Amerika Serikat (AS) segera pada tahun 2015 besok.

Tampaknya, alternatif kendaraan bahan bakar di dalam negeri selain bensin masih belum akan terwujud dalam waktu dekat. Agar FCV bisa diboyong ke Indonesia, Suparno menjelaskan, perlu adanya ketersediaan fasilitas pengisian yang cukup. Dia mengklaim, Toyota FCV hanya memerlukan waktu sekitar 3 menit untuk dapat mengisi penuh tangki hidrogen dan menempuh jarak hingga 700 km.

Direktur Marketing PT TAM, Rahmat Samulo, memaparkan, fungsi hidrogen pada Toyota FCV akan didistribusikan untuk bereaksi dengan oksigen. Hasil reaksi ini katanya, mampu menghasilkan listrik.

Samulo menjelaskan, hasil dari proses tersebut juga terbilang ramah lingkungan. Pasalnya, emisi yang dihasilkan Toyota FCV yang tampil di IIMS 2014 itu berupa uap air.

"Kendaraan ini juga dikombinasikan penggerak hibrida. Pada saat melaju dengan kecepatan tinggi, mobil secara otomatis mengisi baterai. Saat baterai penuh bisa support untuk efisiensi," kata Samulo. (Gst/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini