Sukses

Spesialis Ambulans Ciptakan Limosin 6 Pintu

Binz sebelumnya dikenal sebagai karoseri spesialis bodi ambulans dan kendaraan kepolisian.

Liputan6.com, Stuttgart - Karoseri kendaraan biasanya mengkhususkan diri membangun bodi mobil hanya berdasarkan varian atau jenis tertentu. Meskipun begitu, bukan berarti mereka tak piawai dalam mendesain bodi kendaraan varian lain.

Salah satu karoseri yang melakukan eksperimen membangun bodi kendaraan berbasis sedan adalah Binz. Karoseri asal Jerman ini menciptakan sebuah sedan limousin dengan enam pintu menggunakan basis Mercedes Benz E-Class.

Di negeri asalnya, Binz dikenal sebagai karoseri dengan spesialisasi produksi membangun bodi ambulans dan kendaraan bagi kepolisian.

Kreasi limousine ini bukanlah yang pertama kali dilakukan oleh Binz sebab di era 1960-an karoseri ini juga pernah membangun sebuah limousin dan station wagons menggunakan sasis Mercedes Benz W114, demikian dilansir dari Autoweek, Rabu (22/10/2014).

Berbeda dengan limousin kebanyakan yang hanya memiliki empat pintu, limousin buatan Binz dibuat dengan model enam pintu berkat 2 pintu tambahan yang dipasang di baris kedua. Binz pun menambah panjang sasis menjadi 43,7 inci agar mengakomodir kursi di baris kedua.

Berbeda dengan limousin kebanyakan yang menggunakan konfigurasi kursi penumpang di baris kedua dan ketiga yang saling berhadapan, E-Class limousin ini menggunakan konfigurasi kursi yang seluruhnya menghadap ke depan.

Untuk menjaga privasi penumpangnya, antara kursi pengemudi dan penumpang di baris kedua dan ketiga telah diberi sekat yang dapat dibuka-tutup tergantung kebutuhan.

Dikatakan oleh Binz, limousin E-Class ini dapat menjadi pilihan yang menarik untuk kendaraan dinas diplomatik atau tamu penting hotel.

Untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan, Binz memberi pilihan tipe Mercedes Benz E-Class untuk basis limousin antara lain E220, E500, E250 CDI tergantung kemampuan pihak pemesan. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.