Sukses

Berapa Penyusutan Harga Bekas Avanza, Livina dan Innova?

MPV jadi favorit konsumen Indonesia karena kapasitas angkut yang lebih.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar kendaraan berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) begitu diminati oleh konsumen di Indonesia. Kapasitas angkutnya yang mencapai 7 orang penumpang dan kenyamanan saat digunakan untuk jarak jauh menjadi alasan utama banyak orang di Indonesia memilih jenis kendaraan ini.

Kali ini Liputan6.com merangkum data-data mengenai harga jual dari Toyota Avanza, Nissan Grand Livina, serta Toyota Innova keluaran tahun 2012.

Menggunakan dasar umur mobil selama dua tahun dengan angka pada odometer sebesar 20 ribu kilometer, maka terkuak harga jual dari ketiga MPV tersebut yang paling tinggi dengan melihat nilai penyusutannya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan klik halaman selanjutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Toyota Avanza

1. Toyota Avanza

Avanza menjadi model entry level kendaraan MPV Toyota. Pada tahun 2011, PT Toyota Astra Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) melepas Avanza dalam tiga tipe yakni E, G, serta Veloz dan dua pilihan mesin yaitu 1,3 dan 1,5 liter dengan opsi transmisi manual atau otomatis.

Untuk tipe yang paling murah yakni E 1,3 Manual Transmission (MT) dilepas dengan harga Rp 164,15 juta dan tipe paling tinggi yakni Veloz AT Luxury dengan harga Rp 210,7 juta.

Kini, Avanza lansiran 2012 yang telah digunakan sejauh 20 ribu kilometer atau berumur dua tahun dijual dengan harga tertinggi mencapai Rp 125 juta untuk tipe E 1,3 L Manual Transmission serta Veloz 1,3 Automatic Transmission seharga Rp 157 juta.

3 dari 4 halaman

Nissan Grand Livina

2. Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina bisa dibilang menjadi salah satu mobil favorit di kelas MPV. Mobil ini hadir dalam dua pilihan mesin yakni 1,5 dan 1,8 liter dan tiga tipe antara lain SV, XV dan X-Gear.

Untuk harga baru dari Grand Livina dengan tipe yang paling murah yakni 1,5 SV (MT) dilepas dengan harga Rp 179 juta dan tipe paling tinggi yakni 1,8 X-Gear dengan harga Rp 260,5 juta.

Setelah menempuh jarak sekitar 20 ribu kilometer atau berumur dua tahun, Grand Livina keluaran tahun 2012 dengan tipe 1,5 SV MT dijual dengan harga bekas mencapai Rp 125 juta dan tipe 1,5 XV Automatic Transmission dilepas dengan harga bekas mencapai Rp 156 juta

4 dari 4 halaman

Toyota Innova

3. Toyota Innova

Toyota Innova adalah MPV suksesor dari Kijang yang menjadi idola keluarga di Indonesia. Kijang Innova hadir dalam dua pilihan mesin yakni 2,0 atau 2,5 liter serta empat varian antara lain J, E, G, V dan menggunakan pilihan bahan bakar bensin atau solar.

Untuk tipe yang paling murah yakni J 2,0 Manual Transmission (MT) dilepas dengan harga Rp221,95 juta dan tipe paling tinggi yakni Diesel 2,5 V AT dengan harga Rp 334,55 juta.

Kini, Innova lansiran 2012 yang telah digunakan sejauh 20 ribu kilometer atau berumur dua tahun dijual dengan harga tertinggi mencapai Rp 138 juta untuk tipe J 2,0 MT serta Diesel 2,5 V AT dengan harga bekas mencapai Rp 234,3 juta. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.