Sukses

Comeback MotoGP, GSX R Jadi Amunisi Baru Suzuki

Motor ini bakal menjadi penerus Hayabusa dan dikatakan siap masuk dapur produksi.

Liputan6.com, Valencia - Memanfaatkan seri balap MotoGP di Sirkuit Valencia pada Minggu (9/11), Suzuki menandai comeback mereka di ajang balapan bergengsi roda dua tersebut. Duo pebalap asal Spanyol, yakni Espargaro dan Vinales, didapuk untuk menjajal tongkrongan anyar, Suzuki GSX-RR.

Partisipasi dua pebalap Suzuki pada MotoGP seri Valencia memang tak dibebani misi khusus. Sebab, Suzuki hanya ingin mengetahui seberapa siap motor mereka sebelum benar-benar masuk kompetisi tahun depan. Demikian disadur dari laman resmi MotoGP, Senin (10/11/2014). 

Sementara itu, untuk menandai comeback-nya ke MotoGP, Suzuki turut memiliki rencana untuk menghadirkan GSX R 1000 pada 2015. Motor ini bakal menjadi penerus Hayabusa dan dikatakan siap masuk dapur produksi.

Adapun, pengembangan mesin dari Hayabusa masih mengadopsi platform yang tak jauh beda dengan tunggangan untuk MotoGP yang mengguankan mesin 1.000cc.

Kemudian, mesin yang digunakan pada GSX-R versi jalanan dan MotoGP sama-sama mengguankan konfigurasi empat silinder inline yang dikatakan oleh Suzuki memiliki efisiensi bahan bakar dan daya tahan pada tingkat tinggi.

Tak luput, Suzuki juga menggunakan rancangan rangka GSX-R yang lebih ramping untuk meningkatkan aspek aerodinamika guna menghasilkan manuver yang lebih mumpuni.

Untuk diketahui, Suzuki berhenti dari balapan MotoGP pada 2012 lalu. Meski absen, pabrikan roda dua berlogo "S" itu tetap fokus melanjutkan pengembangan GSX-R agar bisa dihandalkan melawan kedigdayaan Honda, Ducati, dan Yamaha di sirkuit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini