Sukses

Resep Bikin Motor 'Bandel' Hadapi Musim Hujan

Ada beberapa komponen pada motor yang perlu mendapat perhatian serius ketika musim hujan tiba.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah daerah di Indonesia mulai memasuki musim penghujan. Bagi pengendara sepeda motor, perlu kiranya menyiapkan persiapan khusus agar kendaraan bandel di berbagai kondisi cuaca.

Ada beberapa komponen pada motor yang perlu mendapat perhatian serius ketika musim hujan tiba. Untuk lebih jelasnya, berikut tim otomotif.liputan6.com uraikan resep merawat motor di musim hujan:

1. Bersihkan Motor

Tak bisa dipungkiri, laju motor akan lebih enak dan enteng apabila roda dua dalam kondisi kinclong alias bersih. Namun ketika hujan mengguyur, otomatis sejumlah komponen utama tertutup tanah dan lumpur.

Secara tak langsung, kondisi motor yang kotor pun membuat pengendara tidak nyaman. Ada baiknya, selalu menjaga penampilan roda dua Anda, meskipun hanya mengguyur dan membersihkan bagian-bagian tertentu.

Di samping agar menjaga tampilan tetap kinclong, membersihkan dan mengeringkan sejumlah komponen di motor juga mencegah timbulnya korosi.

2. Rantai motor

Komponen ini rawan bermasalah ketika sering mengendarai motor di tengah guyuran hujan. Sebab, air hujan yang bersifat asam kerap menimbulkan karat.

Selain itu, sepeda motor yang kerap kali menerabas lubang ketika musim hujan membuat kondisi rantai cepat kendur. Karenanya, kencangkan rantai sesuai dengan standar dan bila perlu lumasi dengan cairan khusus pada komponen ini.

3. Ban

Sebelum masuk musim penghujan, komponen ini sebaiknya terlebih dahulu diperiksa. Bila tapak ban sudah gundul ada baiknya diganti dengan yang baru. Pastikan pula tekanan angin pada ban sudah sesuai standar.

4. Saringan udara

Udara merupakan unsur penting dalam proses pembakaran di ruang bakar mesin. Bila saingan udara basah, otomatis proses pembakaran akan terganggu bahkan bisa menyebabkan motor mogok.

5. Knalpot

Nah, bagi Anda warga Ibukota yang kerap menerabah banjir. Air yang bercampur kotoroan kerap kali masuk ke dalam knalpot. Hal ini bisa mengakibatkan leher knalpot akan termakan korosi dan keropos.

Pastikan Anda mencuci bersih komponen knalpot setelah menerabas banjir. Pastikan kondisi mesin sudah dalam keadaan dingin sebelum dicuci. Setelah bersih panasi motor selama lima menit.

6. Kanvas rem

Ada baiknya, mendatangi bengkel terdekat untuk sekadar mengecek kondisi kanvas rem sangat disarankan. Apabila kondisinya sudah tidak baik, Anda perlu mengganti komponen ini.

7. Busi

Komponen ini memiliki fungsi vital dalam proses pengapian. Busi acapkali ngadat ketika dibawa melintas genangan air yang cukup tinggi. Karena itu, ada baiknya Anda membawa busi cadangan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada motor Anda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini