Sukses

Blue Core Jadi Platform Mesin Skutik Seluruh Dunia

Platform mesin Blue Core Yamaha mulai dikembangkan lima tahun yang lalu.

Liputan6.com, Bogor - Indonesia bakal menjadi pasar ketiga yang kehadiran skutik bermesin Blue Core, setelah Vietnam dan Thailand. Bahkan platform mesin itu rencana turut diadopsi motor-motor untuk pasar global. 
 
"Pengembangan Blue Core akan terus berlajut. Pertama kali hadir di Vietnam, Thailand dan Indonesia pada akhir tahun ini, mesin ini bakal menjadi platform untuk produk Yamaha yang dijual ke Eropa dan Amerika," urai Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Mohammad Masykur di Sentul, Bogor, Kamis (20/11/2014). 
 
Lanjut Mas‎ykur, Blue Core sendiri mulai dikembangkan sekira lima tahun yang lalu. Platform ini merupakan mesin 4-tak berkapasitas 225 cc dengan fuel injected dengan transmisi CVT. 
 
"Nantinya ini akan menjadi sebuah platform dan termasuk rangka juga," imbuhnya. 
 
Dikatakan, Blue Core diciptakan sebagai mesin yang memiliki sistem pembakaran lebih efisien, peningkatan pendingin mesin, dan menekan tenaga yang terbuang.
 
"Biasanya ketika distribusi tenaga dari mesin ke penggerak ada yang berkurang. Misalnya 5 menjadi 3. Nah, di Blue Core itu kita tekan," papar Staff Service Education PT YIMM, Ridwan Arifin. 
 
"Tak cuma itu Yamaha juga meningkatkan pendinginan di dalam mesin dengan menerapkan DiASil Cylinder, Forged Piston, dan menyemprotkan oli jet piston cooler ke permukaan bawah piston untuk pendinginan yang lebih sempurna," tutup Ridwan. (Gst/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini