Sukses

Kisah 3 Motor Sport Legenda Tanah Air

Eksistensi motor sport legendaris yang hingga kini urung sirna diantara berbagai invasi roda dua anyar.

Liputan6.com, Jakarta - Era 1970 sampai dengan 1980-an menjadi masa keemasan motor sport di Indonesia. Di era tersebut, berbagai pabrikan di Tanah Air berlomba menghadirkan sepeda motor berjenis sport.

Eksistensi motor sport tersebut hingga kini pun tidak hilang di telan jaman meskipun telah banyak beredar motor-motor baru yang menyesaki jalanan. Bahkan, eksistensi motor sport era tersebut semakin nyata berkat menjamurnya klub atau perkumpulan para pemilik kuda besi tersebut.

Untuk itu, Liputan6.com coba merangkum beberapa model yang terus eksis hingga saat ini. Berikut ini adalah 3 motor sport yang menjadi legenda dan tetap eksis hingga saat ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Honda CB

1. Honda CB

Honda CB adalah salah satu motor sport yang terus eksis hingga saat ini. Sepeda motor ini diproduksi selama 10 tahun, dari 1971 hingga tahun 1981.

Pada masanya, Honda CB menjadi salah satu tunggangan yang terbilang mewah dan eksklusif. Pengguna Honda CB di Jakarta rata-rata memiliki status ekonomi yang cukup mapan.

Honda CB pertama kali masuk di Indonesia pada tahun 1971 dengan kode Honda CB 100 K1. Kuda besi ini terus berevolusi sampai model CB 100 K5 tahun 1981 dan diproduksi oleh PT Federal Motor yang kini berganti nama menjadi PT Astra Honda Motor.

3 dari 4 halaman

2. Binter Merzy

2. Binter Merzy

Kawasaki KZ200 atau yang akrab disapa sebagai Binter Merzy. Motor sport ini diproduksi mulai tahun 1980 sampai 1984 dan didatangkan ke Indonesia secara impor oleh PT Bintang Terang (Binter).

Selain Honda CB, Binter Merzy ini juga menjadi salah satu primadona di segmen motor sport pada masanya. Hal ini dikarenakan kapasitas mesinnya mencapai 200 cc yang tergolong besar pada saat itu.

4 dari 4 halaman

3. Suzuki A 100

3. Suzuki A 100

Pabrikan sepeda motor Suzuki telah hadir di Indonesia sejak tahun 1973. Suzuki A 100 adalah sepeda motor berjenis sport pertama yang dirilis Suzuki di Indonesia pada tahun 1973.

Motor ini mengusung mesin 2 Tak yang cukup tangguh digunakan sebagai motor pekerja pada masanya. Suzuki A 100 pernah menjadi sepeda motor andalan para polisi dan juga banyak digunakan sebagai motor dinas oleh petugas pos di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini