Sukses

Kaleidoskop Otomotif Maret : Sedan Karawang ke Jazirah Arab

Bulan Maret menjadi momentum awal ekspor sedan besutan Karawang ke Jazirah Arab.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Maret menjadi momentum awal ekspor sedan besutan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMINN) ke Jazirah Arab.

Setelah sebelumnya melempar model Fortuner, Innova, dan Avanza, ekspor sedan lahiran Karawang ini kembali menunjukkan posisi Indonesia bukan hanya sebagai pasar tapi juga basis produksi industri otomotif dunia.

Tak cuma Toyota, pabrikan lain sebut saja Daihatsu dan Suzuki tak mau ketinggalan melempar mobil produksi Indonesia ke sejumlah pasar potensial di luar negeri.

Sebelum dilempar ke pasar internasional, sedan yang di Indonesia bernama Vios berubah nama menjadi Yaris. Selain itu, posisi kemudinya pun dirubah, dari kanan ke kiri.

Di luar Timur Tengah, Vios sendiri mulai diekspor ke Singapura dan Brunei Darussalam sejak Desember 2013.

Seiring berjalannya waktu, pasa sedan Vios pun melebar hingga ke Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Yordania, Lebanon, juga Yaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Model yang Dieskpor

Tahap awal, mobil yang dikirim sekira 1.000 unit tiap bulan dan akan meningkat menjadi 3.000 unit tiap bulan.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun Liputan6.com, mobil produksi TMMIN yang dilempar ke pasar internasional didominasi model Fortuner.

Sepanjang Januari hingga November 2014, Fortuner telah dilempar sebanyak 50.129 unit, diikuti Vios dengan 24.067, dan Kijang Innova di tempat ketiga dengan 14.263 unit. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.