Sukses

5 Mobil Dunia Paling Irit Bahan Bakar

5 mobil di dunia yang tergolong paling irit bahan bakar.

Liputan6.com, Jakarta - Idealnya, kombinasi antara konsumsi bahan bakar irit dan performa tangguh ada di sebuah kendaraan. Maklum saja, mobil yang ekonomis selalu diminati oleh konsumen.

Bahkan, slogan teknologi mutahir dan efisiensi bahan bakar kerap digadang-gadang sebagai bahan promosi suatu kendaraan baru.

Lantas, mobil-mobil apa saja yang dinilai pantas menyandang predikat tersebut? Dilansir dari laman TheRichest pada Kamis (19/12/2014), berikut 5 mobil di dunia yang sukses naik tahta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Honda Insight

2000-2006 Honda Insight

Honda Insight merupakan mobil hibrida pertama yang mendarat di tanah Amerika Serikat. Mobil ini memiliki dua seater tipe subkompak yang mampu menghasilkan listrik untuk mengisi ulang bahan bakarnya.

Selain itu, komposisi aluminium dan plastik membuat mobil ini ringan untuk dibawa dalam kecepatan tinggi dengan gabungan 53 mpg.

3 dari 6 halaman

Cadillac ELR

2014-15 Cadillac ELR

Mobil ini menjadi standar mobil hibrida mewah. Dikenalkan di tahun 2009 pada North American International Auto Show, Cadillac ELR menggunakan konsep Cadillac Converj. Diproduksi kembali pada tahun 2013, mobil ini menggunakan platform yang sama dengan keluaran Chevrolet Volt.

Didukung oleh sistem Voltec propulsi yang menggendong motor listrik beroutput 119-135 Kw, kombinasi mesin empat silinder dan kapasitas baterai 16,5 Kilo Watt lithium-ion battery pack membuat konsumsi BBM mobil hibrida ini setara dengan 82 mill per galon.

4 dari 6 halaman

Toyota Prius Plug-In Hybrid

2012-2015 Toyota Prius Plug-In Hybrid

Di seri terbarunya, kendaraan perintis mobil hibrida dari Toyota ini turut memperkenalkan teknologi baru berupa baterai lithium-ion Panasonic. Model pengisian plug-in ini tak hanya membuat mobil andalan Toyota ini mampu berlari lebih cepat dengan kondisi bahan bakar hemat.

Memanfaatkan baterai, mode elektrik bisa digunakan secara otomatis. Setelah satu baterai habis, paket baterai kedua akan terbuka. Setelah paket kedua habis, mobil ini langsung beralih menjadi mode hibrida konvensional. Irit ala Prius setara dengan 95 mill untuk konsumsi BBM per galon.

5 dari 6 halaman

Chevrolet Volt

2013-2015 Chevrolet Volt

Chevrolet Volt disebut-sebut sebagai kendaraan listrik yang menggunakan bahan bakar listrik murni. Dengan perbandingan BBM per liter, konsumsi bensin mobil ini dapat setara dengan 62 mil per galon.

6 dari 6 halaman

BMW i3 REx

2014 BMW i3 REx

Gabungan teknologi mesin dengan target emisi gas buang hingga nol persen turut ditanamkan dalam proyek BMW i3 REx. i3 sendiri menjadi kendaraan perintis pertama produksi Jerman yang ditargetkan mampu memproduksi emisi nol persen.

Di balik kap mesin, 'Rex' mengusung mesin dua silinder. Turut hadir tangki bensin kecil cadangan untuk mengambil alih sumber tenaga andai kapasitas baterai berada pada tingkat kritis.

Teknologi yang diterapkan pada i3 membuat roda empat ini menyandang predikat sebagai salah satu mobil paling irit bahan bakar. Bahkan, di jalanan kota, konsumsi BBM mobil ini bisa setara dengan angka 97 mill per galon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini