Sukses

Pertamina Kembangkan Bahan Bakar Alternatif Standar Euro 5

Dari tiga jenis yang diteliti, dua di antaranya berbasis energi baru dan terbarukan dengan potensi yang sangat besar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) tengah mengembangkan beberapa jenis bahan bakar alternatif, bahkan salah satunya bisa menghasilkan bahan bakar dengan standar Euro 5.

Vice President Research and Development Direktorat Pengolahan Pertamina Eko Wahyu Laksmono mengatakan, saat ini Pertamina mengembangkan tiga jenis bahan bakar alternatif sebagai substitusi Solar. Ketiga jenis bahan bakar tersebut yaitu Bio-Diesel Euro 5,  lumut (Algae to Oil), dan Diesel Emulsion.

"Untuk mengurangi konsumsi BBM, khususnya Solar kami sedang melakukan pengembangan bahan bakar alternatif yang masih dalam tahap uji coba," kata Eko, di Jakarta, Senin (26/1/2015).

Dari tiga jenis yang diteliti, dua di antaranya berbasis energi baru dan terbarukan dengan potensi yang sangat besar di Indonesia.

"Bio-Diesel yang comply terhadap standard Euro 5 diperoleh dari proses kimiawi dengan bahan baku 100 persen palm oil dengan katalis Hydrotreated Bio-Diesel yang dihasilkan oleh tim R&D Pertamina," jelasnya.

"Proses uji coba co-processing palm oil telah dilakukan di Kilang Dumai pada 2014," tuturnya.

Untuk Lumut, Indonesia yang negaranya berada di iklim tropis sangat cocok apabila ingin mengembangkan lebih serius Bio-Diesel berbasis algae. Algae, katanya, dapat diproses menjadi Bio-Diesel dengan standard Euro 4- Euro 5.

Sementara itu, Diesel Emulsion dihasilkan dari komposisi Diesel, air, dan surfaktan. Ketepatan formula dan pilihan surfaktan menjadi kunci dari terbentuknya emulsi yang sempurna antara Diesel dan air.

"Diesel Emulsion ini telah kami uji coba pada kendaraan bermotor roda 4 dengan hasil yang cukup memuaskan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • euro 5

Video Terkini