Sukses

Ford Focus RS Melenggang, Usung Mesin 320 HP!

Ford menjelaskan, Focus RS mengemas mesin yang mampu memuntahkan tenaga lebih dari 315 horse power (HP) dan sistem penggerak AWD.

Liputan6.com, Cologne - Setelah serentetan rumor mengenai Ford Focus RS menguap di jagat maya, pabrikan asal Amerika Serikat (AS) itu akhirnya resmi membuka selubung hatchback bermesin ganas tersebut di Cologne, Jerman.

Ford menjelaskan, Focus RS mengemas mesin yang mampu memuntahkan tenaga lebih dari 315 horse power (HP) dan sistem penggerak all-wheel drive (AWD). Berdasarkan keterangan perusahaan, tenaga sebesar itu  bersumber dari mesin 2,3 liter milik Mustang EcoBoost.

"All-new Focus RS merupakan produk serius dengan teknologi performa tinggi dan teknisi inovatif yang menciptakan standara baru bagi sensasi berkendara di jalan dan trek," tutur Raj Nair, Group Vice President, Global Product Development, Ford Motor Company.

Yang turut jadi perhatian pada Focus RS adalah penggerak AWD, di mana 70 persen dari torsi didistribusikan ke roda belakang, kemudian 100 persen torsi pun bisa dialihkan ke salah satu roda.

Dijelaskan sistem penggerak Focus RS turut dikalibrasi dengan Electonic Stability Control, khususnya sistem rem berbasis Torque Vectoring Control yang bekerja secara pararel sistem AWD.

Menyoal tampilan, Ford Focus RS hadir dengan skema warna Liquid Blue. Di mana terdapat sejumlah tweak pada aspek aerodinamika dan kisi-kisi udara. Untuk menggarap model baru ini, Ford menggaet bintang Gymkhana Ken Block sebagai konsultan.  

"Ini adalah contoh yang bagus dari semangat kami untuk berinovasi melalui kinerja dan menciptakan kendaraan yang membuat orang bangga," pungkasnya.

(Gst/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.