Sukses

Honda Donasikan Sedan City CNG ke BPPT

PT Honda Prospect Motor (HPM) memberikan satu unit sedan City CNG kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Liputan6.com, Serpong - PT Honda Prospect Motor (HPM) memberikan satu unit sedan City CNG kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan, pada hari ini (16/2).

"Ini merupakan komitmen kami untuk mendukung riset serta studi penggunaan sumber daya energi terbarukan, terutama CNG di Indonesia," kata President Director PT HPM, Tomoki Uchida.

Sementara Kepala BPPT Unggul Priyanto menyambut baik donasi dari PT HPM ini. Diakuinya, CNG memang menjadi salah satu solusi untuk mengantisipasi isu terkait dan lingkungan.

"BPPT sebagai lembaga riset, salah satu program prioritasnya adalah bidang energi dan transportasi," tutur Unggul.

Adapun, unit yang dihibahkan ini pertama kali diperkenalkan di Thailand pada 2012. Dijelaskan, Honda City hadir dengan dual-fuel, yang mengombinasikan dua sumber bahan bakar, yakni bensin dan gas.

PT HPM menjelaskan bahwa Honda City CNG mengemas mesin 1,5 liter i-VTEC SOHC empat silinder. Mobil ini mampu memproduksi tenaga 120 PS pada saat menggunakan bensin dan 102 PS untuk CNG pada putaran 6.600 rpm dan torsi 12,9 kg.m pada putaran 4.800 rpm.

Dengan menggunakan dua opsi bahan bakar, pengguna mobil ini dapat memilih mode CNG maupun bensin dengan menekan mode switch pada kanan setir.

Kemudian Honda City CNG memiliki perangkat tambahan berupa tangki gas berkapasitas 42 liter, CNG Switch, High-Pressure Piping, ECU tambahan, CNG Injector, Pressure Regulator, serta lid tambahan untuk bahan bakar gas (BBG) yang terletak di atas lid untuk bahan bakar bensin.

(Gst/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini