Sukses

Posisi Duduk yang Benar Saat Nyetir Menurut Rifat Sungkar

Posisi duduk ternyata memiliki peran penting untuk terhadap keselamatan dan kenyamanan saat mengemudi.

Liputan6.com, Jakarta - Di sela-sela peluncuran Rifat Drive Labs (RDL) di kawasan Bumi Perkemahan Cibubur, pada hari ini (10/3/2015), pebalap nasional Rifat Sungkar turut memberikan sejumlah kiat mengemudi yang baik dan benar.

Ia memberikan tips dasar mengenai duduk yang benar ketika menyetir. Idealnya, kata Rifat, posisi duduk harus membuat pengendara dalam keadaan nyaman juga siaga.

Pertama, bebernya, posisi duduk yang benar dapat membuat pengendara berkomunikasi dengan pengendara lain; kedua, mampu memantau situasi di luar; ketiga, tidak mudah lelah dan selalu sigap; dan keempat, mudah mengantisipasi saat merasakan gejala awal mobil kehilangan keseimbangan.

Lebih lanjut kata Rifat, situasi tersebut bisa didapatkan jika posisi duduk pengemudi menyandar sempurna pada jok, sebab posisi ini membuat badan pengemudi lebih tegak. Terlebih lagi, pengemudi dipastikan tidak mudah lelah dan mampu menguasai kemudi dengan sempurna.

Diakui Rifat, mayoritas pengemudi masih belum memahami pentingnya mengatur posisi duduk yang benar. Maka tak heran, bila dilapangan banyak pengemudi yang lebih suka duduk dengan posisi condong ke belakang demi aspek kenyamanan. Padahal, posisi ini membuat pengemudi sulit mengontrol kemudi.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini