Sukses

BMW dan Toyota Berduet Kembangkan Mobil Sport

BMW dan Toyota memutuskan untuk bekerja sama dalam proyek pembuatan mobil sport.

Liputan6.com, Tokyo - BMW dan Toyota memutuskan untuk bekerja sama dalam proyek pembuatan mobil sport. Awalnya, kedua pabrikan otomotif dunia ini sepakat untuk bekerja sama membuat mobil mid-size pada tahun 2012 lalu.

Melansir Autocar pada Rabu (25/3/2015), menurut salah satu sumber internal, kesepakatan tersebut telah masuk pada tahap konsep dan telah melewati tahap uji teknis. Selain itu, telah dikonfirmasi pula beberapa rincian lain, termasuk dimana mobil tersebut akan diproduksi.

"Maksud mobil baru ini adalah untuk berada di atas level GT86. Hal ini bukan berarti akan menggantikan GT86, GT86 punya misinya sendiri," kata Karl Schlicht wakil presiden Toyota Eropa dan kepala perencanaan produk.

Sejauh ini, mobil sport midsize dikabarkan akan menggunakan Toyota FT-1 Concept. Tetapi setelah beredar rumor tersebut, belum ada kemajuan atau konfirmasi lebih lanjut tentang perkembangan isu ini kecuali beredar kabar bahwa mobil kolaborasi ini akan dilengkapi dengan mesin BMW.

"Satu hal yang pasti adalah platform dari kedua perusahaan bisa saja diterapkan pada mobil kolaborasi," kata Ian Robertson, anggota dewan BMW. "Tetapi mobilnya sendiri sebetulnya tidak perlu persis mengikuti salah satu platform," tambahnya.

Masih menurut Ian, sampai saat ini, baik insinyur dari Jerman yang mewakili BMW dan insinyur dari Jepang yang mewakili Toyota masih sama-sama bekerja sama untuk membuat mobil yang diinginkan.

Banyak pihak memprediksi, jika tidak ada halangan apapun, mobil sport hasil kolaborasi antara BMW dan Toyota akan muncul sekitar 2017 dengan harga jual yang diperkirakan dibanderol dengan harga US$ 55 ribu atau sekira Rp 717 juta (Kurs: Rp 13.034/US$).

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini