Sukses

Canggih, Atur Mesin Yamaha Bisa Lewat Smartphone

Pada akhir Maret lalu, Yamaha resmi meluncurkan aplikasi bernama Y-Trac sebagai pelengkap dari produk superbike mereka, Yamaha YZF-R1M.

Liputan6.com, California - Pada akhir Maret lalu, Yamaha resmi meluncurkan aplikasi bernama Y-Trac sebagai pelengkap dari produk superbike mereka, Yamaha YZF-R1M. Aplikasi yang tersedia untuk smartphone dan tablet ini memungkinkan pengendara R1M terkoneksi langsung dengan motornya.

"Aplikasi ini memungkinkan pengendara untuk terhubung dengan R1M mereka. Sebuah pengalaman yang belum pernah dialami sebelumnya di luar ajang balap," kata David Docktor, Manajer Pemasaran Yamaha AS seperti yang dikutip dari Autoevolution, Jumat (3/4/2015).

Dengan aplikasi ini, pengendara R1M dapat terkoneksi dengan sistem Yamaha Ride Control (YRC) melalui Communication Control Unit (CCU). Beragam hal bisa dilakukan setelah aplikasi ini terpasang, misalnya, mengubah setelan mesin melalui device.

Untuk dapat melakukan pengubahan pada setelan mesin, pengedara harus memacu motornya terlebih dulu dengan kecepatan yang tinggi. Hal ini dilakukan sekitar beberapa menit saja. Setelah itu, data performa yang terekam pada YRC akan diunduh dan dianalisis menggunakan Y-Trac.

Saat analisis dilakukan, pengendara juga dapat menyetel mesin R1M pada device. Caranya, pengedara tinggal menggeser berbagai parameter yang ditampilkan pada aplikasi tersebut.

Setelah penyetelan dirasa pas, maka pengendara harus mengunggahnya lagi ke YRC. Saat data terbaca, maka Yamaha R1M akan secara otomatis mengubah setelah sebagaimana yang telah ditentukan pengendara.

Beberapa setelan yang dapat diubah adalah putaran mesin atau RPM, posisi bukaan gas, posisi transmisi, sudut kemiringan, tekanan rem, suhu cairan pendingin mesin, hingga putaran roda depan dan belakang.

>>Klik laman berikutnya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Selain setelan mesin, Y-Trac juga memungkinkan pengendara memantau beberapa fitur keselamatan sekunder seperti Traction Control, Slide Control, Lift Control, Launch Control dan sistem pengereman Anti-Lock Brake System (ABS).

Aplikasi Y-Trac tersedia gratis untuk mereka yang memiliki smartphone berplatform Android. Sedangkan pengguna iOS harus menunggu karena apliaksi ini belum tersedia. Tetapi pihak Yamaha mengatakan bahwa Y-Trac tidak lama lagi juga akan hadir di iOS.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.