Sukses

Gaikindo Dukung Mandatori Biodiesel Berbasis Sawit

Gaikindo menyatakan dukungannya terhadap program pemerintah mengenai mandatori biodiesel berbasis sawit 15 persen pada solar.

Liputan6.com, Jakarta - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan dukungannya terhadap program pemerintah mengenai mandatori biodiesel berbasis sawit 15 persen pada solar.

Meski demikian, Ketua Umum Gaikindo Sudirman MR mengatakan bahwa permintaan pemerintah agar produsen otomotif meningkatkan produksi kendaraan berbahan bahan diesel untuk meningkatkan penyerapan biodiesel tampaknya belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

"Kami dukung. Sekarang juga sudah jalan, tapi truk komersial sekarang sedang tertekan," ujarnya di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (13/4/2015).

Dia mengatakan, turunnya penjualan truk yang mayoritas berbahan bakar solar ini terjadi lantaran harga komoditas di pasar internasional menurun. Hal ini membuat perusahaan menahan diri untuk membeli truk.

"Truk diesel itu banyak penggunanya seperti di sektor pertambangan. Selama bisnis itu belum meningkat, akan sedikit tertekan. Tetapi kan tidak mengurangi itu (dukungan mandatori biodiesel 15 persen),"

Sementara itu, terkait insentif yang akan diminta produsen kepada pemerintah agar bisa meningkatkan produksi kendaraan dieselnya, Sudirman menyatakan bahwa hal tersebut baru akan dibicarakan bersama anggota Gaikindo.

"Kami sedang bicarakan, tunggu saja." tandasnya.

(Septian Deny)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini