Sukses

Sering Lupa Lokasi Parkir Mobil? Begini Cara Mengatasinya

Kondisi pelataran parkir yang bertingkat dan cukup luas serta serupa, sering membuat lupa di mana mobil kita diparkir.

Liputan6.com, Jakarta - Kita biasanya dihadapkan dengan pelataran parkir yang bertingkat dan serupa ketika mengunjungi pusat perbelanjaan atau perkantoran. Tak hanya itu, situasi di pelataran parkir makin membingungkan tatkala isinya mobil yang semodel. Maklum di sini ada mobil sejuta umat, dan mungkin saja kita masuk dalam daftar kepemilikannya. Bahkan dengan warna yang sama pula.

Peristiwa ini dialami oleh Griffith Aditya, pria berusia 25 tahun yang pernah lupa lokasi parkir Honda City-nya di sebuah pusat perbelanjaan di bilangan Senayan, Jakarta Pusat. Saat itu, ia berniat untuk kumpul-kumpul bersama teman kuliahnya ketika akhir pekan.

"Waktu ke Sency (Senayan City), Honda City yang saya bawa lupa diparkir di lantai dan blok berapa," ujarnya kepada Liputan6.com.

Akibat peristiwa ini, Griffith pun mengakui terpaksa harus menjelajahi pelataran parkir hingga ke lantai-lantai lain. Waktu yang tersita untuk mencarinya cukup lama.

Untuk mengatasi kejadian menyebalkan seperti ini sebenarnya cukup mudah, Anda hanya cukup memanfaatkan alat-alat di sekitar Anda seperti smartphone atau kertas catatan kecil.

Berikut kiat agar tidak mudah lupa lokasi parkir mobil Anda yang behasil dihimpun Liputan6.com:

1. Ambil foto mobil Anda

Smartphone saat ini telah didukung dengan fitur kamera yang mumpuni. Oleh karena itu, kamera tersebut dapat Anda manfaatkan untuk memotret mobil dengan latar belakang yang khas seperti pot atau plang petunjuk arah yang ada di sekitar mobil.

Foto ini dapat dijadikan petunjuk jikalau suatu saat Anda lupa memarkirkan mobil. Anda dapat bertanya kepada petugas keamanan dengan berpatokan pada foto ketika lupa di sebelah mana mobil diparkir sebelumnya.

Klik halaman selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Next

2. Catat Lokasi Pada Selembar Kertas

Pelataran parkir di gedung bertingkat biasanya dilengkapi dengan petunjuk blok dan lantai. Jika lokasinya  cukup luas dan khawatir tersesat, maka Anda dapat memanfaatkan kertas untuk mencatat lokasi mobil diparkirkan.

Jangan lupa, catatan ini harus Anda simpan di tempat yang aman dan mudah dijangkau. Saat Anda lupa dimana lokasi parkir mobil, Anda tinggal membuka catatan tersebut dan langsung menuju ke mobil dengan mudah.

Klik halaman selanjutnya >>>

3 dari 4 halaman

Next

3. Catat Plat Nomor

Saat membeli mobil baru, biasanya Anda hanya mengingat ciri mobil berupa warna mobil saja. Hal seperti ini cukup riskan, sebab bisa saja pada pelataran parkir banyak dijumpai mobil yang serupa dan sewarna dengan yang Anda miliki.

Agar tidak keliru, Anda sebaiknya juga mencatat plat nomor kendaraan yang Anda kemudikan selain juga lokasi blok dan lantai dimana mobil tersebut diparkir. Bisa juga lihat STNK. Adanya plat nomor tersebut dapat memudahkan pihak keamanan membantu menemukan mobil jika Anda lupa dimana lokasi mobil yang Anda parkir.

Klik halaman selanjutnya >>>

4 dari 4 halaman

Next

4. Pasang Benda Menarik di Mobil

Anda mungkin sukses mendapat lokasi parkir yang strategis dan mudah diingat. Namun ternyata, di pelataran parkir tersebut banyak dijumpai mobil sejenis dengan corak warna yang mirip.

Agar tidak keliru, Anda dapat memanfaatkan benda menarik sebagai penanda. Benda ini bisa saja berupa kertas dengan corak warna-warni yang diselipkan pada wiper di kaca depan. Dan bila pelataran parkir masih kosong, parkir mobil di dekat pintu masuk gedung agar mudah pencariannya.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.