Sukses

Hari Bumi, Ini Daftar 3 SUV yang Rendah Emisi

Performa pada mobil-mobil hibrida makin gahar dengan konsumsi BBM super hemat.

Liputan6.com, Jakarta - Emisi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor masih menjadi penyebab tingginya polusi udara di dunia. Padahal banyak cara yang dilakukan untuk menekan polusi, salah satunya memproduksi kendaraan ramah lingkungan yang rendah emisi bahkan tidak punya emisi gas buang.

Biasanya, mobil yang maksud di atas berada dalam kategori mobil hibrida ataupun listrik.

Nah, sekarang eranya mobil hibrida. Mobil yang mengombinasi mesin konvensional dan motor listrik menjadi jembatan menuju era mobil listrik. Sekalipun berada dalam masa transisi,  bukan berarti performa mobil hibrida lebih jelek dari mobil listrik. Terbukti, performa mobil-mobil hibrida makin gahar dengan konsumsi BBM super hemat.

Teknologi hibrida kini juga mulai menjamah mobil-mobil SUV. Tak hanya makin canggih, SUV hibrida pun sanggup untuk menjinakkan medan yang cukup terjal.

Penasaran seperti apa sosok SUV dengan penggerak hibrida? Berikut ini uraian singkatnya yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

Klik halaman selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Next

1. Nissan X-Trail

X-Trail menjadi SUV tersukses Nissan saat ini. Fakta tersebut mendorong Nissan yang makin terpacu dengan merilis versi hibrida dari X-Trail.

Pada varian ini, X-Trail menggendong mesin 2,0 liter MR20DD dengan output 172 Tk yang dikawinkan motor listrik RM31 berdaya 40 Tk dan torsi 160 Nm. Adanya penggerak hibrida membuat konsumsi BBM X-Trail mencapai 20,6 km/l (JC08).

Dijelaskan, Nissan X-Trail Hibrida memiliki kadar NOx dan NMHC (non-ethane hydrocarbon) lebih rendah 75 persen dari standar emisi 2015.

Klik halaman selanjutnya >>>

3 dari 4 halaman

Next

2. BMW X5

BMW menampilkan X5 terbaru terbaru yang dipesenjatai sistem penggerak plug-in hibrida di ajang Shanghai Auto Show. Mobil ini merupakan jawaban BMW untuk pasar Tiongkok yang mewajibkan kendaraan terbaru yang dipasarkan memiliki emisi rendah.

SUV ini disokong mesin bensin 4 silinder berkapasitas 2,0 liter dengan turbocharger yang dikawinkan motor listrik dengan total daya mencapai 308 Tk dengan torsi sebesar 450 Nm.

Di atas kertas, konsumsi BBM SUV ini mampu mencapai 36,4 km/l. Emisi yang dihasilkan BMW X5 pun diklaim hanya sebesar 77 g/km.

Lebih lanjut, baterai pada X5 sanggup untuk menjalankan mobil sejauh 21 km dengan kecepatan maksimal hingga 121 km/jam.

Klik halaman selanjutnya >>>

4 dari 4 halaman

Next


3. Toyota RAV4

Toyota Motor Corporation dalam waktu dekat bakal memperkenalkan All New RAV4 hibrida di ajang New York Auto Show. Meskipun  pada saat harga gas rendah dan merosotnya pertumbuhan kendaraan alternatif, Toyota yakin jika mobil ini masih memiliki kesempatan yang baik untuk diterima pasar.

Dikatakan, All New RAV4 hybrid hadir dengan buritan berdesain anyar. Perubahan mencolok terdapat pada bentuk lampu belakang yang ramping.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.