Sukses

Ternyata, Orang Tua Warisi Kebiasaan Buruk Mengemudi ke Anak

Orang tua malah memberi contoh buruk perilaku mengemudi ke kalangan remaja.

Liputan6.com, California - Buah jatuh tak jauh dari pohonnya, itulah yang mungkin mendasari penelitian yang dilakukan oleh National Safety Council (NSC). Melalui survei yang dilakukan NSC muncul fakta jika 88 persen orang tua menjadi panutan saat mengemudi oleh anak remajanya. Termasuk mencontoh kebiasaan buruk saat di balik kemudi.

Melansir laman Inautonews, Senin (4/5/2015), penelitian ini bertujuan menggarisbawahi pentingnya panutan saat berkendara sekaligus menyadarkan para orang tua untuk menjauhkan kebiasaan buruk jika mengajarkan mengemudi ke anak remaja mereka.

"Ketika para orang tua akan mengajarkan anak remajanya mengemudi, tekankan kepada mereka untuk melakukan apa yang dikatakan, bukan yang dilakukan orang tua," ujar Deborah A.P. Hersman, President dan CEO NSC.

Lebih lanjut, Hersman menjelaskan masih banyak orang tua yang melakukan kebiasaan buruk seperti menelepon atau berkirim pesan via ponsel ketika mengemudi.

Ia pun menekankan bahwa para orang tua harusnya menghindari kebiasaan tersebut. Dengan harapan para generasi-generasi muda tak melakukan hal ini di kemudian hari.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.