Sukses

Toyota dan Mazda Berkolaborasi Bikin Mobil Ramah Lingkungan

Toyota dan Mazda sedang mempertimbangkan kerja sama komprehensif untuk membuat green car.

Liputan6.com, Aichi - Toyota dan Mazda sedang mempertimbangkan kerja sama komprehensif untuk membuat mobil ramah lingkungan atau green car. Langkah ini dilakukan sebagai usaha untuk mengurangi emisi gas karbon.

Selain itu, kerja sama ini juga dilakukan agar keduanya mampu bersaing dalam hal produksi kendaraan ramah lingkungan. Sebagaimana diketahui, banyak pabrikan otomotif yang juga sedang membangun green car.

Melansir The Guardian pada Senin (11/5/2015), dua produsen mobil asal Jepang ini berada dalam tahap akhir pembicaraan. Keduanya berniat untuk segera mencapai kesepakatan. Adapun kerja sama ini dibuat untuk menghadapi aturan lingkungan yang semakin ketat.

Dalam kerja sama tersebut, Toyota akan memasok fuel cell dan  plug-in-hybrid technology untuk Mazda. Sementara Mazda akan memberikan teknologi hijau bernama Skyactiv ke Toyota. Teknologi ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap penghematan konsumsi bahan bakar.

Selain soal green car, perusahaan ini juga kabarnya mempertimbangkan kerja sama di bidang lain, termasuk pengadaan kendaraan komersil Mazda oleh Toyota serta pembelian bersama beberapa komponen mobil.

Sebelumnya, dua perusahaan ini telah bekerja sama di beberapa bidang. Toyota pernah menyediakan teknologi hibrida untuk Madza pada 2010, Mazda juga pernah memasok mobil subkompak dari pabrik di Meksiko untuk Toyota pada 2012.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini