Sukses

Petani Sulawesi Selatan Panen, Toyota Ikut Untung

Panen membuat penjualan Toyota meningkat pesat di Sulawesi Selatan.

Liputan6.com, Makassar - Di tengah lesunya penjualan kendaraann bermotor dalam periode pertama 2015, penjualan Toyota di luar pulau Jawa justru mulai menunjukkan peningkatan. Salah satunya adalah main dealer Toyota PT Hadji Kalla di Sulawesi Selatan.

Menurut Marketing Division Head Kalla Toyota, Tarsimin, seperti yang dilansir laman resmi Toyota pada Jumat (15/5/2015), peningkatan penjualan ini dikarenakan beberapa daerah telah memasuki musim panen sehingga daya beli masyarakat naik.

"Bukan cuma petaninya, tetapi yang terkait dengan pertanian seperti pengepul, tenaga penggiling, atau penjual mulai mendapat keuntungan lebih banyak. Di daerah, musim panen sangat mempengaruhi penjualan mobil,” kata Tarsimin.

Salah satu model yang cukup signifikan kenaikannya adalah Avanza. MPV ini sudah terjual sekira 400 unit selama April. Di kelasnya, Avanza menguasai 46,6 persen market share. Diprediksi permintaan akan semakin meningkat.

"Toyota Avanza memang merupakan model andalan yang paling banyak dicari. Pada kuartal pertama, Avanza telah menyumbangkan 40 persen dari 2.200-an unit mobil yang terjual," kata Tarsimin.

Selain pertanian, beberapa instansi pemerintahan pun ikut menyumbang penjualan Toyota. Beberapa instansi melirik mobil Toyota seperti Avanza, Innova, dan Fortuner dipilih sebagai kendaraan operasional mereka.

Untuk diketahui, main dealer PT Hadji Kalla adalah salah satu penguasa pasar mobil di Sulsel. Pada periode ini, dealer tersebut menguasai market share sebesar 38,8 persen. Selain di Sulsel, dealer ini juga ada di tiga provinsi lain di Sulawesi.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini