Sukses

Di Negara Ini, Banyak Orang Berumur 70 Tahun Masih Mengemudi

Penambahan usia melemahkan fungsi fisik dan kognitif. Meskipun punya masalah sendiri, tetapi mereka tidaklah berbahaya.

Liputan6.com, London - Di Indonesia, sedikit orang tua berusia 70 tahun ke atas masih mampu mengendarai mobil sendiri. Tetapi, tidak demikian dengan orang tua di Inggris. Di negara ini, pengemudi berusia 70 ke atas mencapai 4,3 juta orang.

Meskipun demikian, sebagaimana yang dikutip dari Recombu, Selasa (19/5/2015), pengemudi tua ternyata memiliki masalahnya sendiri. Riset yang dilakukan oleh Institute of Advanced Motorists (IAM) menyoroti beberapa hal tersebut.

Menurut mereka, kelompok usia 70 tahun ke atas rentan saat mengemudi karena melemahnya fungsi fisik dan kognitif akibat penambahan usia. Beberapa di antaranya adalah kehilangan kontrol, silau karena cahaya hingga rasa panik.

Meskipun semakin banyak pengemudi yang semakin tua, peneliti justru menemukan kelompok usia yang lebih banyak mengalami kecelakaan berada di angka 60. Selain itu, pengemudi di bawah usia 30 juga sama. Mereka lebih sering alami kecelakaan.

Dari hasil penelitian ini, IAM merekomentasikan pabrikan untuk juga mempertimbangkan kebutuhan orang tua saat mengemudi. Selain itu, mereka juga menuding anak muda sebagai salah satu penyebab kecelakaan.

(rio/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini