Sukses

Perjalanan Panjang Toyota Corolla di Tanah Air

Toyota Corolla hadir pertama kali di Indonesia pada 1970.

Liputan6.com, Jakarta - Corolla, mendengar kata tersebut tentu langsung terbesit dalam benak Anda sosok sedan kompak yang telah lama eksis di Indonesia. Sedan ini hadir dalam berbagai varian Corolla DX, Corolla DX, Great Corolla, hingga yang versi modern hadir dalam varian Corolla Altis.

Nama Corolla sendiri berasal dari bahasa latin yang bermakna mahkota bunga. Toyota pertama kali memboyong Corolla ke Tanah Air pada 1970. Hingga saat ini, Corolla sudah mencapai generasi ke-11.

Sedan ini digemari oleh konsumen Indonesia karena mesinnya yang bandel namun tetap irit. Saking bandelnya, Corolla juga sempat digunakan sebagai armada Taksi di awal kemunculannya.

Adapun Toyota Corolla pertama yang masuk ke Indonesia adalah generasi kedua dalam keluarga Corolla. Model ini oleh Toyota dinamai Corolla KE20 dengan ciri khas headlamp bulat. Corolla KE20 juga hadir dalam varian sport dengan nama Corolla Levin dan Sprinter Trueno.

Corolla KE20 atau yang juga dijuluki Corolla Betawi (Corbet) didukung mesin berkode 3K dengan kapasitas 1.200 cc. Sedan ini sendiri juga telah dirakit di Indonesia pada Desember 1971 untuk varian empat pintu.

Kiprah Corolla di jagat otomotif nasional pun terus berlanjut ketika pada 1975 Toyota memperkenalkan generasi ketiga Corolla. Model ini di Indonesia dijuluki sebagai Corolla Veteran (Corvet).

Corvet hadir dengan perubahan desain pada bagian muka dan buritan. Sementara itu, mesin Corbet masih tetap mengandalkan 3K. Era Corvet ini resmi terakhir ketika Toyota merilis model Corolla DX pada 1980.

Corolla DX ini dikembangkan sejak 1974 oleh Chief Engineer Fumio Agetsuma dengan konsep kendaraan yang ekonomis, dengan kabin nyaman dan lapang. Untuk varian ini hadir dengan model headlamp bulat dengan jumlah masing-masing sepasang pada tiap sisinya.

Pada 1983, Toyota menghadirkan Corolla DX yang telah dilengkapi dengan panel takometer (penunjuk rpm) serta bemper urethane yang panjang. Model ini juga menjadi model penutup keluarga Corolla yang menggunakan gardan belakang.

Di Indonesia, Corolla DX cukup laris di pasaran hingga saat ini. Desainnya yang bergaya retro menjadi buruan para modifikator untuk didandani bergaya hellaflush.

(ysp/ian)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini