Sukses

Ini Moge Cafe Racer Garapan Anak SMK

Adapun moge dengan kapasitas mesin 400 cc ini merupakan hasil karya siswa SMK Negeri 8 Bandung

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Jakarta Fair Kemayoran kali ini selain dimeriahkan oleh booth-booth apparel otomotif, tetapi juga menjadi ajang unjuk gigi karya modifikasi dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Modifikasi bergenre cafe racer ini mejeng di booth Top 1 di Hall B, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Adapun moge dengan kapasitas mesin 400 cc ini merupakan hasil karya siswa SMK Negeri 8 Bandung. Untuk basisnya, moge ini dibangun dari Honda CB400 lansiran 1996.

"Ini adalah bentuk kerja sama Topindo Atlas Asia dengan Pirelli memberdayakan pelajar SMK di Bandung untuk memiliki karya di otomotif. Di bawah panji Top 1 Academy, kami menantang siswa-siswi SMKN 8 Bandung untuk membangun sebuah motor cafe racer," ujar Arief Goenadibrata, President and CEO PT Topindo Atlas Asia, Kamis (4/6/2015).

Dijelaskan, para siswa yang terlibat dalam membangun moge ini masih duduk di kelas XI dan berasal dari tiga jurusan berbeda yaitu Teknik Sepeda Motor dan Teknik Body Repair, dan Tek. Untuk pengerjaannya memakan waktu selama 15 hari.

"Pengerjaan paling lama di engine, kurang lebih 5 hari," ujar Fajar Maulana, siswa Teknik Kendaraan Ringan yang ikut menggarap moge ini.

Fajar pun menjelaskan jika segala konsep serta sepeda motor untuk membangun moge ini telah dipersiapkan oleh pihak Top1. Para siswa SMK Negeri 8 Bandung hanya bertugas merakit dan melakukan beberapa penyesuaian agar menjadi motor cafe racer.

"Ke depannya, kami berharap untuk tetap bisa memberikan yang terbaik bagi siswa-siswi SMK lewat proyek otomotif yang akan mengasah sekaligus menguji keterampilan mereka," tutup Arief.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini