Sukses

Ford Dekatkan Teknologi Printer 3D ke Konsumen

Ford resmi membuka toko online percetakan 3D pertama yang mereka sebut dengan Ford 3D Store.

Liputan6.com, Detroit - Teknologi printer 3D sudah cukup sering digunakan oleh industri otomotif untuk berbagai hal. Banyak yang kemudian ingin membeli kendaraan hasil cetakan printer 3D ini.

Melihat peluang tersebut, pabrikan otomotif asal Amerika Serikat (AS), Ford, resmi membuka toko online percetakan 3D pertama yang mereka sebut dengan Ford 3D Store.

Melalui laman 3d.ford.com, pabrikan memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk membeli gambar digital dari model Ford. Setelah itu, mereka dapat mencetaknya pada printer 3D sendiri menggunakan bahan apapun yang mereka inginkan.

"Printer 3D di rumah adalah tren yang berkembang, dan masuk akal bagi kami untuk menawarkan pelanggan kami kesempatan untuk membuat sendiri model Ford 3D mereka," tutur Mark Bentley, Ford Global Brand Licensing Manager dikutip dari Worldcarfans, Jumat (12/6/2015).

Biaya yang harus dikeluarkan per file gambar adalah US$ 4,99 atau sekira Rp 66 ribu (Kurs: Rp 13.312/US$). Adapun beberapa model yang tersedia adalah Fiesta ST, Focus ST, Shelby GT350R, F-150 Raptor, dan Ford GT terbaru.

Pembeli yang tidak memiliki printer 3D pun tetap dapat memiliki mobil ini. Ford bekerja sama dengan Turbosquid menawarkan model pra-cetak dengan skala 1/32 seharga US$ 39 atau sekira Rp 519 ribu dengan bahan cetakan plastik.

Dilaporkan, Ford sendiri menggunakan printer 3D setiap hari untuk mencetak part-part prototipe. "Sekarang kami ingin berbagi kesenangan dengan para fans," tutup Bentley.

(rio/gst/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.