Sukses

Kesan Pertama Kendarai Suzuki Celerio

Usai diluncurkan di arena Jakarta Fair Kemayoran 2015, Liputan6.com mendapat kesempatan untuk test drive Suzuki Celerio.

Liputan6.com, Bogor - Usai diluncurkan di arena Jakarta Fair Kemayoran 2015, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kesempatan kepada sejumlah media untuk melakukan test drive Suzuki Celerio. Dilakukan di kawasan Sentul City, sesi test drive yang berlangsung Kamis (11/6) berlangsung secara singkat.

Dalam satu sesi test drive, tiap peserta diberikan waktu 15 menit untuk mengeksplor kemampuan city car terbaru Suzuki yang didatangkan langsung dari Thailand tersebut. Tidak ingin berlama-lama membuang waktu, Liputan6.com langsung menggeber Celerio transmisi otomatis (CVT).

Sebelum membahas lebih jauh mengenai performa, tidak ada salahnya untuk mengulas sisi desainnya. Sebagai mobil perkotaan, Celerio memiliki garis desain stylish dengan garis tajam di tiap sisinya.

Lampu utamanya telah menggunakan halogen multireflektor, sementara pada ducktail terdapat high mounth LED stop lamp. Gril beraksen krom dan velg palang enam melengkapi sisi eksterior.

Beralih ke kabin, untuk ukuran tubuh dengan tinggi 175 cm dan bobot 87 kg, Celerio memberikan ruang cukup lapang. Tidak sempit-sempit amat-lah untuk ukuran mobil dengan dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.540 mm.

Sayangnya material interior yang digunakan biasa-biasa saja. Trim pintu nampak tipis dan tidak memberikan kesan kokoh. Untuk head unit single DIN yang digunakan bisa memutar radio, dan MP3 yang dilengkapi oleh USB serta AUX serta CD. Celerio juga memiliki fitur tilt steering untuk mengatur ketinggian roda kemudi.

Ukuran kaca depan juga tergolong luas sehingga sangat membantu visibilitas di balik kemudi. Tuas persneling juga didesain untuk memudahkan pengemudi untuk mengoperasikannya.

Jok berlapis bahan fabric pada Celerio menggunakan busa yang cenderung tipis, meski demikian tetap empuk saat diduduki. Beruntung jok diberi motif sehingga nampak stylish.

Celerio yang menggunakan mesin mesin tiga silinder berkapasitas 998 cc memiliki tenaga yang cukup galak. Mesin tersebut mampu menghembuskan tenaga hingga 95 Tk dengan torsi puncak 90 Nm.

Tarikan awal mesin ini cukup responsif. Liputan6.com sempat menggeber mobil mungil ini hingga kecepatan 130 km/jam. Pada kecepatan itu Celerio cenderung stabil, namun raungan mesin begitu terdengar di kabin.

Pada kondisi jalan yang basah dan menikung, mobil ini tetap mudah dikendalikan meski kecepatan menyentuh angka 100 km/jam.

Saat bermanuver, Celerio juga mudah dikuasai saat melakukan putar balik. Hal ini berkat radius putar yang mencapai 4,7 meter. Menyalip kendaraan juga dapat dilakukan dengan lincah.

Sebagai informasi, Celerio dijual dengan harga Rp 146 juta (MT) dan Rp 158 juta (CVT) OTR Jabodetabek. Ada empat warna yang disuguhkan, yakni sunshine yellow pearl metallic 2, snow white pearl 2, star metallic 2 dan super black pearl 2.

(ian/sts/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini