Sukses

Kapan Hino Pasok Armada untuk TransJakarta?

Hino belum memiliki model bus articulated.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat ini sedang gencar-gencarnya mendorong peremajaan kendaraan untuk TransJakarta. Untuk peremajaan ini pun dibutuhkan banyak armada bus baru.

Namun begitu, PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) yang juga memasarkan bus di Tanah Air mengaku belum siap jika mengacu spesifikasi bus yang digunakan untuk TransJakarta. Adapun saat ini kendaraan yang digunakan untuk TransJakarta saat ini berjenis articulated (gandeng).

"Selama ini kalau saya lihat TransJakarta pakai articulated. Kita hanya punya yang single jadi belum bisa kita suplai," jelas Santiko Wardoyo, Direktur Sales dan Promosi HMSI.

Santiko pun mengungkapkan jika Hino memang tidak memiliki model articulated termasuk di Jepang sekalipun. Adapun saat ini Hino telah menjadi pemasok untuk bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB).

Penjualan Naik

Sama seperti kendaraan pribadi, penjualan bus yang dicatatkan Hino pun ikut meningkat jelang Lebaran. Adapun tren penjualan bus kemudian menurun usai Lebaran.

"Penjualan bus fluktuatif, mendekati Lebaran biasanya naik. Kontribusi penjualan bus antara 6,5 hingga 7 persen dari total penjualan," tandas Santiko.

(ysp/gst/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini