Sukses

Strategi Toyota Manjakan Komunitasnya

Kini TOC semakin berkembang menjadi 16 komunitas anggota dan tidak hanya aktif di dunia maya.

Liputan6.com, Serpong – Enam tahun silam, Toyota Owner Club (TOC), forum komunikasi komunitas/klub pengguna mobil Toyota, hanya terdiri dari 6 komunitas pengguna mobil Toyota yang aktif berkomunikasi melalui dunia maya saja. Kini TOC semakin berkembang menjadi 16 komunitas anggota dan tidak hanya aktif di dunia maya/online, tetapi juga dunia nyata/offline.

Ke-16 komunitas anggota TOC itu antara lain AXIC, ALTIC, GCC, IC, ID42NER, IKC, ISC, TAC, TERUCI, TEVCI, TKCI, TSC, TSVC, TVCI, TYCI, dan Velozity. TOC berada di bawah naungan PT Toyota Astra Motor (TAM), selaku agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia. Adalah Indra Lubis, Head of Community Development TAM, yang menjadi komandan pengelolaan TOC hingga sebesar sekarang.

Kepada Liputan6.com yang menemuinya di sela-sela acara Buka Puasa Bersama TOC 2015 di Serpong, Tangerang, Sabtu (27/6) malam, Indra mengaku mengelola komunitas mobil gampang-gampang susah, meski lebih banyak senangnya.

“TOC dibikin sebagai bentuk apresiasi TAM terhadap komunitas pengguna mobil Toyota, karena mereka pada dasarnya konsumen loyal terhadap brand Toyota. Karena itu, kami buatkan event dan kegiatan kepada TOC setiap tahun,” kata Indra.

Setiap tahun, kata Indra, pihaknya paling sedikit membuat tiga kegiatan untuk TOC. Pertama, program buka puasa bersama yang biasanya dibarengi dengan kegiatan bakti sosial, seperti memberikan santunan kepada anak yatim-piatu.

Kedua, undangan kunjungan ke auto Show, yang tahun ini TAM akan mengundang anggota TOC mengunjungi Gaikindo Indonesia International Auto Show  (GIIAS) 2015, dan ketiga Jambore TOC.

“Jambore TOC tahun ini akan dilaksanakan pada September atau Oktober. Lokasi belum bisa disebutkan, karena kami masih mencari lokasi yang paling tepat untuk jambore TOC,” ujar Indra sedikit membocorkan.

Salah satu yang spesial menjadi anggota TOC, kata Indra, setiap ada produk Toyota baru, anggota TOC pasti mendapat informasi yang pertama dibandingkan konsumen biasa.

(msu/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini