Sukses

Ferrari Kembangkan F12 Versi Balap?

Ferrari akan pamerkan F12 GTO di ajang Frankfurt Motor Show September nanti.

Liputan6.com, Maranello - Ferrari F12 Berlinetta diyakini beberapa kali terlihat di jalanan umum dengan kamuflase. Ternyata, menurut orang dalam, mobil tersebut adalah Ferrari F12 GTO yang akan diluncurkan pada Frankfurt Motor Show September nanti.

Adapun GTO atau Gran Turismo Omologato adalah istilah Italia yang merujuk pada mobil yang spesifikasi serta kapasitas bahan bakarnya memenuhi syarat untuk terlibat dalam berbagai jenis balapan, meskipun sebenarnya mobil tersebut bukanlah mobil balap.

Melansir Autoblog, Senin (29/6/2015), Ferrari F12 ini mengubah mesin Berlinetta dengan mesin V12 naturally aspirated berkapasitas 6,3 liter yang meningkatkan tenaga dari 731 Tk menjadi 800 Tk. Bahkan dengan menggunakan unit HY-KERS dari LaFerrari, mobil ini mampu menambah tenaga sebanyak 163 poin Tk lagi.

Sebagaimana mobil GTO pada umumnya, tenaga yang lebih besar tersebut justru bersamaan dengan menurunnya berat mobil. F12 GTO diklaim lebih ringan 100 kg dibanding F12 Berlinetta.

Teknologi yang lebih tinggi dari beberapa mobil super Ferrari lainnya ini tersembunyi di bawah bodywork juga yang lebih agresif.

Dilaporkan, mobil ini hanya akan diproduksi terbatas sebanyak 650 unit saja. Jumlah ini lebih banyak dibanding versi GTO lainnya yang pernah dikeluarkan Ferrari, yaitu 599 unit Ferrari 599.

Sayangnya, pabrikan asal Maranello, Italia ini tidak menginformasikan berapa mereka membanderol Ferrari F12 GTO. Tetapi yang jelas, mobil ini dikabarkan akan mulai mengaspal pada kuarter kedua tahun depan.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini