Sukses

Pakai Knalpot Baru, Tenaga Yamaha R1 Naik 4 Tk

Termignoni Reparto Corse sanggup mendongkrak sebesar 4 Tk menjadi 204 Tk pada 13.500 rpm.

Liputan6.com, Roma - Mengendarai superbike dengan output mencapai 200 Tk bagi sebagian orang dirasa kurang memuaskan. Produsen knalpot asal Italia, Termignoni menjawab ketidakpuasan penunggang superbike dengan meluncurkan Termignoni Reparto Corse.

Dilansir Autoevolution, Selasa (7/7/2015), knalpot terbaru Termignoni ini dibuat menggunakan silencer serupa dengan yang dipakai pada ajang balap MotoGP dan balap level tertinggi lainnya di dunia. Adapun knalpot ini ditawarkan untuk Yamaha R1.

Adapun Termignoni menyediakan opsi silencer berbahan serat karbon dengan catalytic converter atau titanium tanpa catalytic converter. Opsi yang pertama disarankan khusus untuk Yamaha R1 yang akan dipacu di lintasan balap.

Dijelaskan, Termignoni memproduksi knalpot ini dengan bahan dasar titanium alloy (cuNb) yang memiliki sifat tahan perubahan suhu yang sangat panas hingga bisa mencapai lebih dari 600 deracat Celcius. Selain itu, bobot knalpot ini juga sangat ringan.

Di atas kertas, Termignoni Reparto Corse sanggup mendongkrak tenaga sebesar 4 Tk dan membuat output Yamaha R1 menjadi 204 Tk pada 13.500 rpm. Dengan bobot yang ringan, knalpot ini diklaim sanggup membuat R1 lebih lincah dikendarai.

Termignoni mulai memasarkan knalpot ini untuk pasar Amerika Serikat. Untuk harganya, baik opsi karbon atau titanium dengan catalytic converter dijual US$ 782 atau sekitar Rp 10,4 jutaan, sedangkan versi non catalytic converter dilepas US$ 583 atau sekitar Rp 7,74 jutaan.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.