Sukses

Gejala Transmisi Mobil Bermasalah (2)

Gejala-gejala yang mengindikasikan masalah pada transmisi mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Engine check on, oli bocor, dan bau terbakar bisa menjadi indikasi awal adanya masalah pada transmisi mobil Anda.

Di samping tiga hal tersebut, ada gejala lain yang mengindikasikan masalah pada transmisi mobil. Masih menurut mekanik Praju Motor, Yusuf Ali, Segala masalah yang ada di mobil pasti bisa dirasakan oleh indra manusia.

Untuk urusan transmisi, kita pun bisa indra untuk merasakan getaran atau suara yang tak lazim. Berikut selengkapnya:

-- Susah pindah gear

Kondisi ini biasa terjadi pada transmisi manual. Seketika Anda kesulitan untuk memindahkan gear dari netral ke gigi satu.

Diagnosa awal adalah terjadi masalah pada sarana penghubung tuas dengan withdrawl lever atau bisa disebut garpu kopling yang bertugas untuk memindahkan gear.

Untuk mobil lawas, sarana pengubung biasanya berupa tali kopling. Sementara mobil keluaran terbaru telah mengguankan master kopling. Masalah lain bisa terjadi karena pressure plate atau dekru yang sudah aus atau termakan usia dan harus segera diganti

-- Suara berisik saat kondisi netral

Tentu Anda terganggu dengan suara berbisik yang masuk ke kabin ketika transmisi berada di posisi netral. Suara ini bisa disebabkan dari bearing-bearing yang sudah aus, terutama yang berada di input shaft. Bila kondisi ini terjadi, segera periksalah mobil Anda ke bengkel langganan.

-- Tuas gear mendadak Netral

Suatu ketika saat berkendara tongkat perneling Anda 'mental' ke posisi netral secara mendadak. Atau terdengar bunyi kasar 'krek' saat Anda memindahkan gear.

Bisa dipastikan terdapat masalah pada baulk ring atau sinkromis. Nah, komponen yang bertugas sebagai penghubung gear ini kemungkinan telah aus dan perlu diganti.

-- Bergetar saat ganti gear

Kondisi ini bisa terjadi pada transmisi manual dan juga otomatis. Ini terjadi tidak secara tiba-tiba tapi karena akumulasi. Bila diabaikan getarannya makin lama kian mengganggu.

Jika pada transmisi manual, kondisi ini disebabkan oleh pressure plate atau dekrup yang sudah tidak rata. Atau pada transmisi manual dan otomatis, disebabkan engine mounting yang rusak.

-- Lack atau telat respons

Pernahkah Anda mengalami, saat menginjak pedal gas mesin menderu tapi kendaraan melaju lambat dan menurut Anda kondisi ini tidak normal.

Jika pernah, kemungkinan besar drive plate atau plat kopling mobil Anda sudah tipis. Khusus pada transmisi otomatis kemungkinan juga kinerja body valve sudah melemah. Bila ini terjadi segeralah datangi bengkel langganan Anda agar kinerja mobil kembali seperti sedia kala. Semoga bermanfaat...

(own/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.