Sukses

Suzuki Satria FU150 Injeksi Lebih Kencang?

Suzuki menyiapkan strategi agar bisa bersaing dengan kompetitor dengan mengembangkan produk baru.

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan di kelas bebek sport Tanah Air dipastikan bakal semakin sengit. Pasalnya pada Agustus nanti, Honda akan meramaikan kelas ini dengan melahirkan Sonic 150.

Selama ini kelas ini hanya diisi oleh dua pemain utama, yakni Suzuki Satria FU150 dan Yamaha Jupiter MX150. Dengan adanya pendatang baru tentu jatah kue kedua merek itu akan tergerus. Suzuki meyakini betul situasi ini.

"Kalau yang namanya kompetisi itu pasti saling mempengaruhi. Kompetisi pasti ada persaingan dan persaingan pasti ada konsekuensi di volume," kata Endro Nugroho Deputy to Managing Director 2W PT Suzuki Indomobil Sales (2W-SIS).

Pabrikan berlambang huruf 'S' itupun menyiapkan strategi agar bisa bersaing dengan kompetitor dengan mengembangkan produk baru. "Kita sedang siapkan mesin yang sangat dahsyat. Ini menunjukkan, yang penting kami tidak diam. Pada saatnya nanti kami akan berikan sesuatu yang mengejutkan," kata Endro.

Ia mengindikasikan jika mesin baru ini lebih kencang dari pendahulunya. "Satria identik dengan kencang. Banyak juga orang yang bilang, motor karburator lebih kencang dari FI. Sekarang saya balik, saya punya motor FI lebih kencang dari karburator. Percaya tidak? Kalau tidak percaya tunggu tanggal mainnya," tambahnya.

Informasi yang Liputan6.com peroleh, jantung mekanis yang tengah dikembangkan itu merupakan mesin injeksi untuk Satria FU150. Mesin baru ini tetap berkonfigurasi double overhead camshaft (DOHC) sama seperti model yang ada saat ini. Namun sistem pendingin mesin oli cooler akan diganti dengan radiator.

Sumber Liputan6.com memberi bisikan jika pengujian tahap pertama mesin anyar ini tengah dilakukan. Apabila riset yang dilakukan baru sampai tahap pertama maka sedikit kemungkinan jika Satria FU150 injeksi akan diluncurkan tahun ini.

(ian/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini