Sukses

Deretan 5 Mobil Terbaik Amerika di Era Modern

Mobil-mobil buatan AS banyak digandrungi di berbagai penjuru dunia.

Liputan6.com, California - Amerika Serikat menjadi salah satu negara pusat peradaban industri otomotif dunia. Bahkan, Amerika Serikat juga sempat menjadi penguasa di sektor otomotif pada awal abad ke-20.

Pertumbuhan industri otomotif AS yang tumbuh secara cepat didukung dari banyak faktor meliputi meliputi kemajuan teknologi, desain, teknis, penerimaan konsumen serta kesesuaian dengan kultur masyarakat. Tak heran jika mobil-mobil buatan AS banyak digandrungi di berbagai penjuru dunia.

Berikut ini deretan mobil modern terbaik buatan Amerika seperti dilansir Motortrend:

1. Chevrolet Corvette

Corvette lakoni debut perdana pada 1953 atau tepat 10 tahun sebelum Porsche 911 lahir. Seperti halnya Rolling Stones, kiprah Corvette sempat timbul tenggelam.

Namun kini di era modern, kiprah Corvette begitu melesat terutama pada varian Z06. Mobil sport ini memiliki performa tinggi dan didukung teknologi canggih.

Adapun Corvette Z06 didukung mesin dengan output 650 Tk. Dikatakan, mobil-mobil buatan pabrikan lain dengan performa serupa akan dibanderol hingga tiga kali lebih mahal dari Corvette Z06.

Buka halaman selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Next

2. Ford Mustang

Ford Mustang hadir pada sebuah genre baru otomotif ketika era keemasan baby boomer di AS. Senasi Ford Mustang ini terbukti dari angka penjualannya yang mencapai 1 juta unit pada 18 bulan pertama diproduksi.

Ford kemudian meluncurkan Mustang dengan varian Shelby GT350 pada 1965. Performa dan gaya yang diusung begitu digemari dan membuat 'si kuda poni' ini sanggup bertahan hingga setengah abad.

Buka halaman selanjutnya >>>

3 dari 5 halaman

Next

3. Ford GT

Supercar Amerika ini diluncurkan atas dasar balas dendam yang dilakukan oleh Henry Ford II. Mobil ini merupakan hasil pengembangan antara Ferrari-Ford yang nyaris tidak diluncurkan.

Awal mula balas dendam ini yaitu pada 4 Juli 1963 Ford mengajukan penawaran sejumlah US$ 10 juta kepada Enzo Ferrari untuk membeli sebagian saham perusahaan berlogo kuda jingkrak itu. Insinyur Ferrari bahkan sudah mulai mengembangkan mesin V12 yang akan ditanam dalam sasis garapan insinyur Ford.

Sayangnya, Ferrari mundur dari perjanjian pada menit-menit akhir. Henry yang kesal lantas melanjutkan pengembangan mobil yang diberi nama GT40. Mobil ini sukses mengalahkan Ferrari pada ajang balap 24 jam Le Mans di 1966.

Buka halaman selanjutnya >>>


4 dari 5 halaman

Next

4. Chrysler Minivan

Duet insinyur yang sempat menggarap Ford Mustang Lee Iacocca dan Hal Sperlich pada 1983 menggarap sebuah mobil van pada pabrikan Chrysler yang dinamai Minivan. Mobil ini kombinasi sempurna dari ukuran, tempat duduk, dan pengendalian.

Chrysler Minivan didukung dengan konfigurasi kursi yang fleksibel untuk tujuh atau delapan penumpang serta pintu model geser. MPV ini didukung dengan sistem penggerak roda depan.

Sejak diluncurkan, Chrysler Minivan sukses menjadi mobil yang jamak dicari sebagai mobil keluarga selama satu dekade setelah diluncurkan. Hingga kini, konfigurasi yang terdapat pada Minivan terus dipertahankan Chrysler.

Buka halaman selanjutnya >>>


5 dari 5 halaman

Next

Tesla Model S

Tesla Motors selaku produsen Tesla Model S menjadi simbol inovasi berdasarkan kualitas. Melalui Tesla Model S, Tesla Motors membuktikan diri sebagai produsen yang sanggup membangun mobil listrik yang mumpuni.

Tesla Model S menjadi sedan yang keren dan cepat. Dari sisi performa, Tesla Model S sanggup melesat hingga 100 km/jam dalam 3,2 detik dan menjadi sedan tercepat Amerika yang pernah dibangun.

(ysp/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.