Sukses

Ferrari Umumkan Ratusan Mobil Bermasalah

Setelah sebelumnya mengumumkan akan menarik 85 unit Laferrari, Ferrari dikabarkan akan kembali menarik mobil dengan jumlah lebih banyak.

Liputan6.com, Washington - Setelah sebelumnya mengumumkan akan menarik 85 unit hypercar Laferrari, Ferrari kembali akan me-recall mobil dengan jumlah lebih banyak.

Mengutip Automotive News, pabrikan supercar mewah asal Italia tersebut akan menarik 814 unit mobil karena masalah airbag yang tidak dipasang dengan sudut yang tepat.

Masalah ini pertama kali ditemukan saat Ferrari melakukan tes pada bagian kolom kemudi 458 Italia. Ditemukan lapisan kulit yang menutupi modul airbag ditempelkan dengan cara tidak benar dan dipasang di sudut yang salah.

Adapun penarikan ini meliputi delapan model berbeda yang diproduksi sejak Desember 2014 hingga April tahun ini. Lebih spesifik, penarikan meliputi model 458 Italia, 458 Spider, 458 Speciale, 458 Speciale A, California T, FF, F12 Berlinetta dan LaFerrari yang diproduksi antara 19 Desember 2014 hingga 29 April 2015.

Untungnya, dalam dukumen Ferrari yang dikirimkan ke National Highway Traffic Safety Administration Amerika Serikat (AS), disebutkan bahwa belum ada korban jiwa dan cedera karena masalah ini.

Rencananya, penarikan akan dimulai di seantero AS pada 30 Juli mendatang. Sebagaimana disyaratkan oleh hukum, Ferrari akan mengganti airbag secara gratis. Penggantian ini diprediksi akan memakan biaya dari US$ 200 ribu hingga US$ 1,4 juta.

Sebelumnya, Ferrari menarik 85 unit LaFerrari karena masalah pada sandaran kepala yang diindikasikan tidak sesuai dengan persyaratan keamanan, serta pada sistem monitoring tekanan ban yang memberikan instruksi yang salah saat ban bocor.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini