Sukses

Geser Toyota, Nissan Jadi Pabrikan Terlaris

Nissan menggeser posisi Toyota sebagai pabrikan otomotif asal Asia yang paling laris di Eropa.

Liputan6.com, London - Nissan menggeser posisi Toyota sebagai pabrikan otomotif asal Asia yang paling laris di Eropa. Pabrikan asal Jepang ini berhasil mencatatkan penjualan lebih banyak dari pesaingnya tersebut.

Dilaporkan Worldcarfans, selama enam bulan pertama tahun ini, penjualan Nissan meningkat 4,3 persen, dari 368.314 unit menjadi 384.726 unit.

Meskipun cenderung kecil, tetapi di beberapa negara peningkatan penjualan Nissan cukup signifikan. Di Inggris misalnya, terjadi lonjakan penjualan hingga 34 persen. Sementara di Spanyol dan Jerman masing-masing meningkat 18 dan 11 persen.

Dari total penjualan tersebut, crossover Qashqai generasi kedualah yang terjual paling banyak. Menurut peneliti pasar JATO Dynamics, 101.579 dari total 249.164 unit Qashqai terjual dalam lima bulan pertama tahun ini.

Karena catatan tersebut, Nissan berhasil mencatatkan market share di Eropa sebesar 4,2 persen.

Sementara itu, Volkswagen masih menjadi merek terlaris di dataran Eropa. Dilaporkan, dalam periode Januari hingga Juni, pabrikan asal Jerman tersebut berhasil menjual 901.452 unit mobil, naik hampir 9 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya serta membuatnya kuasai 12,1 persen market share Eropa.

(rio/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini