Sukses

Suzuki Kembangkan Motor Sport Hibrida

Suzuki dilaporkan sedang mengembangkan motor sport hibrida dengan mesin inline-4 dan motor listrik.

Liputan6.com, Hamamatsu - Suzuki dilaporkan sedang mengembangkan motor sport hibrida yang menggabungkan mesin inline-4 dan motor listrik. Pengembangan ini diketahui setelah gambar patennya menyebar luas.

Melansir Visordown, Kamis (23/7/2015), diagram paten seperti yang terlihat di atas menunjukkan frame dan knalpot GSX-R1000 yang dikemas dalam dimensi jongkok dan sporty seperti motor supersport konvensional dengan kapasitas 600 cc.

Apa yang membedakannya adalah adanya sebuah motor listrik yang ditunjukkan dengan nomor 43. Ini menunjukkan dengan jelas bahwa mereka mengembangkan motor hibrida.

Sementara itu, baterainya terlihat berada di bawah jok dengan nomor 32. Ukurannya menunjukkan bahwa baterai hanya akan digunakan untuk perjalanan pendek. Visordown mengatakan bahwa sistemnya secara umum mirip dengan Toyota Prius.

Sebuah switch di stang kanan juga nampaknya memungkinkan pengendara untuk memilih antara menggunakan mode listrik, bensin, atau keduanya.

Pengembangan ini baru dalam tahap pengajuan paten. Karena itu, masih banyak proses yang harus ditempuh sebelum masuk ke produksi.

Suzuki sendiri bukanlah yang pertama dalam mengembangkan motor hibrida. Awal tahun lalu misalnya, motor militer SilentHawk juga memakai sistem hibrida. Pada 2011, Honda Goldwing juga mengembangkan sistem serupa.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.