Sukses

Ninja 2-Tak di Indonesia Jadi yang Terakhir di Dunia

Produksi keluarga Ninja 2-tak yang terdiri dari Ninja S, Ninja SS, Ninja R, dan Ninja RR telah usai pada akhir Juli 2015.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memberikan keterangan resmi terkait akhir hayat dari keluarga Kawasaki Ninja 2-Tak. KMI menyebut Ninja 2-Tak merupakan model legendaris yang sangat dikenal di Indonesia.

Produksi keluarga Ninja 2-Tak yang terdiri dari Ninja S, Ninja SS, Ninja R, dan Ninja RR telah usai pada akhir Juli 2015.

Yusuke Shimada Asisten General Manager Marketing KMI menjelaskan, produksi Ninja 2-tak resmi diberhentikan per akhir Juli 2015, namun penjualan Ninja 2-tak tetap akan berjalan.

"Ini menjadi akhir dari produksi Ninja 2-tak di dunia, jadi jangan lewatkan kesempatan terakhir Anda untuk membeli motor sport legendaris kami. Tapi jangan takut karena regulasi tersebut hanya untuk produksi. Jadi Anda tetap bisa membeli dan mengendarai motor 2-tak ini setelah Juli ini," jelas Shimada dalam keterangan resminya, Jumat (7/8/2015).

Seperti diketahui, dihentikannya produksi Ninja 2-tak lantaran regulasi emisi gas buang menggunakan regulasi Euro 3. Untuk menghadapi regulasi ini Kawasaki bukan tanpa upaya, Geng Ijo -sebutan Kawasaki- mencoba melakukan pembenahan dan improvement untuk bisa menembus regulasi tersebut.

Bahkan Tim R&D dari Kawasaki Heavy Industry (prinsipal Kawasaki) ikut turun tangan untuk bisa mengembangkan mesin 2-Tak yang sesuai dengan regulasi Euro3. Namun sayangnya secara cost produksi, performance, dan karakter motor hasil dari improvement tersebut tidak sesuai dengan target market sehingga produksi terpaksa dihentikan.

(ian/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini