Sukses

Menakar Harga Suku Cadang Mobil Keluarga di Indonesia

Komponen fast moving menjadi komponen paling sering diganti dalam sebuah mobil. Tiap komponen pasti ada harganya.

Liputan6.com, Jakarta - Agustus 2015 tampaknya menjadi bulan bagi kelahiran generasi baru kendaraan di segmen Low MPV atau yang akrab dijuluki mobil keluarga. Pada bulan yang juga bertepatan dengan bulan kemerdekaan Indonesia ini, tiga model LMPV dari tiga merek berbeda akan diluncurkan, yakni Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, serta Toyota Avanza.

Banyak kalangan yang berharap memiliki versi terbaru dari ketiga model tersebut. Namun apa daya, kondisi keuangan yang terbatas memaksa banyak konsumen yang begitu ngebet memiliki salah satu model tersebut terpaksa beli dalam kondisi bekas.

Namanya juga mobil bekas, kita tidak bisa berharap kondisi mobil tersebut benar-benar prima dan mulus seperti baru. Beberapa komponen bisa saja mengalami gangguan kinerja akibat pemakaian. Namun untuk masalah komponen fast moving tidak mutlak untuk mobil bekas saja. Yang beli mobil baru sekalipun wajib memperhitungkannya.

Berikut ini uraian singkat komponen fast moving pada masing-masing model yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

Buka halaman selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Next

1. Avanza-Xenia

Avanza-Xenia lahir dari kolaborasi Toyota dan Daihatsu di Indonesia. Kedua model ini hadir sebagai alternatif kendaraan penumpang yang dijual dengan harga relatif terjangkau bagi konsumen.

Kehadiran duo model kembar ini pun diterima dengan sangat baik oleh konsumen. Populasinya yang telah menembus satu juta unit sejak pertama diluncurkan membuat kedua model dinobatkan sebagai mobil sejuta umat.

Urusan suku cadang, baik Avanza maupun Xenia dapat saling bertukar komponen yang setipe. Misal mesin 1,3 liternya Avanza sama dengan Xenia.

Pada Avanza, oli mesin yang digunakan hanya butuh sebanyak 2,7-3 liter dengan viscositas 10W-40. Biasanya, produsen oli menyediakan dalam kemasan jerigen berisi 4 liter.

Tersedia Toyota Motor Oil Synthetic Formula 10W-40 SN ditawarkan dengan harga Rp 80.000 per liter dan Pertamina Fastron 10W-40 SL seharga Rp 185 ribu per galon. Sementara itu, kalau mau oli yang lebih mahal, ada Shell Helix HX7 dengan SAE 10W-40 yang dijual dengan harga Rp 300 ribu.

Selain penggantian oli, filter oli juga mempengaruhi kinerja mesin. Di pasaran, harga filter untuk MPV ini dibanderol Rp 31 ribu.

Komponen selanjutnya yang masuk kategori fast moving adalah busi. Pemantik api pada ruang bakar ini sanggup bekerja optimal antara 10-20 ribu kilometer.

Busi pada Avanza dan Xenia pun dapat saling substitusi. Di pasaran, harga satu set busi bermerek Denso TT dijual seharga Rp 150 ribu untuk empat busi. Adapun harga satuan busi untuk yang versi Original Equipment Manufacturer (OEM) dijual seharga Rp 45 ribu.

Untuk kanvas rem, brake pad original Avanza dengan kode KRD-1001 Rp 418 ribu untuk roda depan. Sementara itu, brake shoe untuk roda belakang dibanderol Rp 425 ribu.

Adapun komponen terakhir yang harus diganti secara rutin adalah filter udara. Komponen ini dijual seharga Rp 82 ribu.

3 dari 4 halaman

Next

2. Ertiga

Jika Anda memilih Ertiga dan ingin melakukan perawatan berkala, berikut ini rincian harga suku cadang MPV dengan tiga baris kursi penumpang tersebut yang berhasil dihimpun Liputan6.com:

Oli

SGO Automobile SAE 5W-30 API SL (4 liter) Rp 190 ribu

Castrol Magnatec 5W-30 SM/CF Rp 100 ribu/liter

Filter Oli

Suzuki Genuine Part (SGP) Rp 30 ribu

Sakura Rp 40 ribu

Kanvas Rem

Brake Pad (depan) Rp 265 ribu

Brake Shoe (belakang) Rp 265 ribu

Filter Udara Rp 62.500

Busi

Suzuki Genuine Part (SGP) Rp 26.700 (per buah)

4 dari 4 halaman

Next

Mobilio

Kendaraan dengan kapasitas 7 kursi penumpang ini merupakan gacoan Honda Prospect Motor di segmen Low-MPV. Dari informasi yang berhasil dihimpun melalui berbagai forum, terkuak info jika beberapa suku cadang Mobilio bisa saling substitusi dengan Honda Brio ataupunn Freed.

Berikut ini rincian harga suku cadang fast moving Honda Mobilio yang berhasil dirangkum Liputan6.com:

Oli

Honda Automobile Oil E-Pro Green 10W-30 Rp 75 ribu/liter

TOP1 HP Plus 10W-30 SM Rp 187 ribu (4 liter)

Filter Oli

Honda Genuine Parts Rp 33 ribu (Brio/Freed)

Kanvas Rem

Kanvas Rem Belakang Rp 76 ribu (milik Freed)

Kanvas Rem Depan Rp 717 ribu (milik Freed)

Busi

Satu set isi 4 buah Rp 237 ribu (milik Freed/Brio)

Filter Udara

Honda Genuine Part (HGP) Rp 129 ribu

Sakura Rp 105 ribu

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.