Sukses

Biar Motor Tak Mudah Panas, Ini Jurusnya

Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari overheat pada motor.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu masalah pada motor adalah overheat atau suhu mesin yang menjadi sangat panas. Tentu, ada beberapa kerugian akan muncul jika terjadi masalah ini.

Salah satu akibat overheat adalah motor akan tiba-tiba tidak bertenaga meskipun mesin masih menyala. Kondisi ini akan sangat merepotkan, apalagi jika terjadi saat sedang mengendarai motor di tengah kemacetan.

Jika mengalami overheat, maka satu-satunya pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah mematikan mesin dan mendinginkannya. Di luar itu, ada juga beberapa cara sederhana agar motor terhindar dari overheat.

Lantas, apa saja cara untuk mencegah overheat pada motor? Melansir 2WheelTuesday pada Rabu (12/8/2015), berikut ulasannya:

Pertama, cara sederhana yang dapat dilakukan adalah memanaskan motor selama dua hingga tiga menit sebelum melakukan perjalanan. Ini berguna agar oli tersirkulasi ke seluruh bagian mesin.

Kemudian, cara pencegahan kedua adalah fokus pada sistem pendinginan. Jika motor menggunakan sistem pendingin cairan, maka biasakan mengecek cairan coolant secara teratur.

Sementara itu, jika sistem pendingin udara yang digunakan, maka pemiliknya harus rajin membersihkan radiator. Selain itu, jika usia motor telah lebih dari lima tahun, maka sebaiknya menambahkan kipas, baik di depan atau belakang radiator.

Terakhir, dan yang paling penting, adalah melakukan penggantian oli secara rutin. Sebagaimana diketahui, penyebab overheat salah satunya adalah oli tidak mengalir dengan baik. Dengan mengganti oli dengan reguler, maka hal itu bisa diantisipasi.

Dengan kondisi oli yang baik, maka komponen mesin yang saling bergesekan akan lebih mudah didinginkan. Selain itu, oli yang baik juga efektif menghilangkan kerak hasil pembakaran dan kotoran lainnya yang juga berpotensi membuat mesin overheat.

(rio/gst)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini